JR East Bangun Stasiun Robotika, Mudahkan Penyandang Disabilitas dan Pelancong Asing

0

Teknologi yang semakin berkembang membuat beberapa negara menghadirkan robot sebagai pembantu para pelancong untuk mendapatkan informasi. Bahkan beberapa negara maju dan berkembang di bandaranya sudah memiliki robot seperti ini sebut saja Bandara Incheon di Seoul, Korea Selatan.

Baca juga: Adopsi Kecerdasan Buatan dan Robotika, Hitachi Rail Siap Hadirkan Stasiun Masa Depan

Hal ini kemudian membuat Japan Railways kemudian ingin membangun tim robot yang akan membantu para pelancong baik memberikan informasi hingga menangkap penjahat di stasiun-stasiun. Dilansir Kabarpenumpang.com dari soranews24.com, Japan Railways East mendirikan perusahaan baru bernama JRE Robotics Station atau Stasiun Robotika JRE untuk mewujudkan visi masa depan yang penuh dengan robot.

Pada 5 Juli 2017 lalu, JR East mengumumkan pembentukan Stasiun Robotika JRE. Mungkin nama ini terdengar seperti stasiun kereta api untuk robot. Tetapi bukan, bahkan tidak kalah keren, pasalnya ini adalah perusahaan yang didirikan JR East untuk memberikan dorongan tambahan pada proyek pengembangan robotiknya.

Bahkan secara khusus, Stasiun Robotika JRE akan berfokus pada robot dengan satu dari empat klasifikasi fungsional. Perusahaan akan merancang robot panduan untuk membantu pelancong menemukan jalan mereka di sekitar stasiun dan membantu tiba di stasiun tujuan.

Selain membantu masyarakat lokal, robot ini juga dilengkapi dengan kemampuan multi bahasa yang bisa memudahkan pelancong di Jepang. Dalam daftar perencanaan, robot-robot tersebut bisa membawa barang bawaan pelancong meski tujuan utamanya adalah membantu penyandang disabilitas.

Sedangkan untuk pelancong biasa, robot tetap sebagai pembantu perjalanan. Stasiun Robotika JRE ini juga tengah merencanakan untuk membuat robot yang bisa menangani kebersihan keamanan dan konsep seni dari perusahaan yang bisa mendeteksi pengutil.

JR East yang juga mengelola sejumlah pusat perbelanjaan dan hotel, robot-robot ini juga akan digunakan tidak hanya di stasiun tetapi propreti lainnya. Bahkan pihaknya juga menunggu beberapa saat sampai melihat robot muncul untuk membantu penumpang membeli tiket kereta api.

Baca juga: Minimalisir Tenaga Manusia, Jepang Mulai Kembangkan Puluhan Robot di Stasiun

Bahkan tahun 2018 kemarin, Stasiun Osaka sudah memiliki Robot dengan fitur kecerdasan buatan – Artificial Intelligence (AI) untuk memudahkan pelancong dalam perjalanan mereka. Robot ini bahkan mampu membantu pelancong dengan pilihan bahasa Jepang dan Inggris.

Leave a Reply