Jual Makanan di Udara, Lufthansa Jadi Maskapai Full Service Rasa LCC

0
Sumber: Dezeen

Menekan beragam jenis pengeluaran dan memaksimalkan pendapatan, itulah yang saat ini dilakukan setiap maskapai penerbangan, tak peduli itu maskapai full service atau low cost carrier. Bahkan karena terdesak, beberapa maskapai full service kini sudah mengorbankan sedikit ‘pride’-nya. Seperti yang terbaru dilakoni maskapai asal Negeri Bavaria, Lufthansa.

Baca juga: Layakkah Full-Service Carrier Layani Penumpang dengan Standar LCC?

Mengutip dari akun Intasgram @lufthansa.fanpage (27/5/2021), disebutkan maskapai plat merah ini menawarkan cemilan gratis selama penerbangan untuk rute Eropa. Embel-embel ‘gratis’ sejatinya tak lazim, lantaran sebagai maskapai bergenre full service, setiap makanan, minuman, termasuk cemilan, seharusnya memang sudah paket dalam layanan, pun termasuk di kelas ekonomi. Di layanan terbaru ini, Lufthansa menawarkan penjualan makanan di udara dengan label “Onboard Delights.”

“Onboard Delights” merupakan kolaborasi Lufthansa dengan “Dean & David” untuk menawarkan makanan segar berkualitas tinggi yang dapat dibeli di kelas ekonomi. Nah, bila penumpang telah membeli paket tersebut, hadiahnya berupa cemilan gratis berupa sebotol air mineral dan kue coklat. Penjualan panganan di udara ala LCC ini diberlakukan untuk penerbangan dengan rute Eropa di atas 60 menit. Atas gebrakan tersebut, sontak mengundang reaksi dari para simpatisan Lufthansa, di antaranya seperti pertanyaan, “apa perbedaan maskapai ini dengan Easyjet yang LCC?”

Baca juga: Suka Makanan Minang? Citilink Hadirkan Nasi Kapau Untuk Kuliner di Udara

Jika berspekulasi, mungkin ini adalah trik yang digunakan maskapai untuk mereduksi ongkos pengoperasian sehari-hari – bukan semata-mata untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Juga jangan dulu terlalu jauh untuk membicarakan sanksi apa yang sekiranya dikenakan terhadap maskapai reguler rasa LCC, namun yang perlu diketahui adalah agar lebih cermat ketika membeli tiket dan memperhatikan layanan apa yang sekiranya akan Anda dapat – mulai dari lounge khusus hingga makanan/minuman selama perjalanan.

Leave a Reply