KA Dharmawangsa Mulai Mengular di Relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi

0
KA Dharmawangsa (tribunnews.com)

Mengular mulai 1 Desember 2019 kemarin sesuai dengan grafik perjalanan kereta api (Gapeka) 2019, kereta api Dharmawangsa melintas di relasi Stasiun Pasar Senen ke Surabaya Pasar Turi. KA Dhramawangsa merupakan kereta penumpang kelas eksekutif dan ekonomi AC yang dioperasikan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 7 Surbaya.

Baca juga: Mulai 1 Desember, KA Kalijaga Berhenti Beroperasi Setelah Penetapan Gapeka 2019

Nama KA ini diambil dari nama salah satu tokoh kerajaan Airlangga yakni Dharmawangsa Teguh yang memiliki karakter tubuh tinggi besar, kukuh, kekar, kuat dan pemberani. Karakter ini dilekatkan pada KA Dharmawangsa untuk menggambarkan keandalan perjalanan dan kualitas pelayanan yang selalu siap dalam berbagai keadaan.

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, pihaknya berharap kehadiran KA Dharmawangsa bisa mengakomodir kebutuhan perjalanan KA para pelanggan yang ingin ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dia mengatakan KA Dharmawangsa berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 08.25 WIB dan berhenti di beberapa stasiun seperti Pegadenbaru – Cirebon Perujakan – Brebes – Tegal – Pekalongan – Waleri – Semarang Tawang – Ngrombo – Randublatung – Cepu – Bojonegoro – Babat – Lamongan hingga berhenti di stasiun akhir yakni Surabaya Pasar Turi pukul 19.30 WIB.

“KA Dharmawangsa akan menempuh waktu selama 11 jam lima menit dengan tiga kereta eksekutif yang berkapasitas 150 tempat duduk, enam kereta ekenomi dengan kapasitas 636 tempat duduk. Sehingga bila di total ada 786 tempat duduk dalam satu rangkaian,” kata Edi.

Edi mengatakan, tarif tiket KA Dharmawangsa mengacu pada tarif batas atas dan tarif batas bawah. Seperti dari Stasiun Pasar Senen menuju ke Stasiun Surabaya Pasar Turi untuk hari biasa atau weekday kelas eksekutif sekitar Rp350 ribu sampai Rp390 ribu dan kelas ekonomi Rp150 ribu.

Sedangkan untuk akhir pekan atau weekend, kelas eksekutif sekitar Rp350 ribu hingga Rp480 ribu dan kelas ekonomi Rp150 ribu hingga Rp160 ribu. Pembelian tiket KA Dharmawangsa sudah bisa dipesan sejak 1 November 2019 untuk keberangkatan 1 Desember dan seterusnya, melalui aplikasi KAI Access, Website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Baca juga: Waspadai Perubahan Jadwal Kereta! Mulai 1 Desember PT KAI Gunakan Gapeka 2019

“Diharapkan dengan diluncurkannya KA Dharmawangsa ini, KAI ke depannya semakin besar, jaya dan terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan,” ujarnya.

Leave a Reply