Kalahkan Changi, Fort Smith Regional Airport Menangkan Kontes Toilet Terbaik di Dunia

0
Sumber: superadventure.co.id

Toilet merupakan satu unsur penting yang wajib ada di hampir seluruh fasilitas publik, dari mulai pusat perbelanjaan, tempat wisata, hingga pra-sarana transportasi. Tanpa toilet, lingkungan sekitar tentu saja akan terkesan jorok dan bau. Dewasa ini, ada banyak pra-sarana transportasi baik darat, udara, maupun laut yang berlomba-lomba untuk mendirikan toilet senyaman dan seunik mungkin agar menjadikannya satu cerita tersendiri bagi para penggunanya, sebut saja toilet bandara. Ada banyak toilet di bandara dari berbagai pelosok dunia menawarkan konsep unik.

Seolah tidak mau momen tersebut terlewatkan, Cintas, sebuah perusahaan asal Amerika pernah membuat kontes toilet terbaik di di Amerika dan Kanada pada tahun 2005 silam. Pada tahun tersebut, pihak bandara dari berbagai daerah di Amerika dan Kanada berlomba untuk memenangkan kontes tersebut. Pada pagelaran tersebut, keluarlah nama Fort Smith Regional Airport (FSM) di Arkansas yang menyandang juara sebagai toilet terbaik di Amerika dan Kanada dalam pagelaran yang dihelat oleh Cintas ini.

Sumber: bestrestroom.com
Toilet di Fort Smith Regional Airport, Arkansas. Sumber: bestrestroom.com

Dalam perjalanannya menuju jawara toilet terbaik di Amerika dan Kanada, FSM menitik-beratkan pada pengingkatan kebersihan dan pengaplikasian sistem otomatis, dimana para pengguna toilet tidak perlu untuk menyentuh apa-apa. Toilet otomatis akan menyiram karena terdapat sensor yang terpasang di badan toiletnya.

Sumber: apex.aero
Toilet di Bandara Changi. Sumber: apex.aero

Para pesaing dari FSM tidaklah mudah, sebut saja Bandara Changi yang ada di Singapura dan Bandara Samui yang ada di Thailand. Keduanya memiliki konsep sendiri yang mejadikannya senjata utama untuk memenangkan kontes ini. Bandara Changi menawarkan suatu konsep unik pada bagian toilet pria, yaitu pemandangan yang langsung mengarah kepada landas pacu bandara modern tersebut. Dari sini Anda dapat melihat aktifitas petugas yang sedang mengeluarkan atau memasukkan barang ke bagasi, hingga pesawat yang hendak turun atau lepas landas.

Berbeda dengan Bandara Samui di Thailand, toilet di bandara ini menawarkan konsep natural pada bagian toilet prianya, yaitu dengan menyimpan sebuah akuarium raksasa yang di dalamnya terdapat puluhan ikan hias, lengkap dengan ekosistem buatannya.

Sebenarnya ada banyak bandara lain, selain 3 bandara di atas, yang menawarkan konsep unik pada toiletnya. Seperti Bandara Internasional Portland yang mengaplikasikan gagang penyiram urinoir dan beberapa varian aliran toilet yang menjadikannya sebagai bandara yang dapat menghemat air hingga 50%.

Berbeda dengan yang lainnya, Bandara Seymour yang berada di kepulauan Galapagos menggunakan energi berkelanjutan dan menjadikannya bandara pertama di dunia yang mengadaptasi sistem tersebut. Selain dioperasikan menggunakan tenaga surya dan angina, serta memanfaatkan pipa minyak yang dikeringkan pada konstruksinya, Bandara Seymour juga menggunakan air daur ulang untuk menyiram toiletnya. Ini merupakan salah satu bentuk evolusi dalam bidang pelestarian alam sekitar.

Toilet dapa dijadikan salah satu faktor penilaian apakah bandara tersebut baik atau tidak, dilihat dari rancangan dan cakupannya, yaitu kenyamanan, layanan, suasana, hingga hiburan yang terdapat di dalamnya. Pada akhirnya, toilet-toilet tersebut dapat dijadikan tolak ukur, tergantung dari keperluan para penggunanya.

Leave a Reply