Kapal Ferry Berbahan Aluminium Berkecepatan Tinggi Buatan Filipina Tiba di Norwegia

0
Fjord FSTR pada uji coba laut (marinelog.com)

Belum lama ini, Hull 419 telah berhasil dikirimkan oleh Austal Filipina ke Fjord Line of Norway. Ini adalah kapal ferry katamaran berkecepatan tinggi dengan panjang 109 meter dan memiliki dua dek untuk kendaraan.

Baca juga: Sungai Chao Phraya di Bangkok Kini Dilayani Kapal Ferry Bertenaga Listrik

Ferry katamaran tersebut dinamakan FSTR karena ini merupakan sebuah kapal aluminium terbesar yang pernah dibuat di Filipina. Bahkan ini juga menjadi kapal ferry terbesar berdasarkan volume yang akan dibangun oleh Autsal di salah satu galangan kapalnya di seluruh dunia.

KabarPenumpang.com melansir dari laman marinelog.com (2/3/2021), kapal ferry ini nantinya bisa mengangkut penumpang sekitar 1.200 orang dengan kecepatan hingga 40 knot. Selain itu dengan panjang 109 meter dan lebar 30,5 meter FSTR mampu mengangkut sekitar 404 mobil untuk dibawa pada dua dek kapal tersebut.

Uniknya, kapal ini memiliki beberapa inovasi desain utama yang mampu meningkatkan kinerja operasi dan kenyamanan penumpang. Salah satunya adalah bentuk lambung baru yang dioptimalkan akan meminimalkan konsumsi bahan bakar dan wake wash saat beroperasi di Laut Skagerrak antara Hirtshals di Denmark dan Kristiansand di Norwegia.

Pada penyerahan kapal yang diadakan di galangan kapal Balamban Cebu, Presiden Austal Filipina Wayne Murray mengatakan pengiriman FSTR hanyalah yang pertama dari tiga ferry berkecepatan tinggi besar yang akan dibangun di galangan kapal perusahaan yang baru diperluas.

“Dengan pengiriman FSTR, kami sekarang mempersiapkan peluncuran Hull 395, Bañaderos Express; sebuah kapal ferry trimaran 118 meter sedang dibangun untuk Fred. Olsen Express dari Kepulauan Canary. Mengikuti dari belakang itu, kami memiliki 115 meter Express 5 yang sedang dibangun untuk Molslinjen dari Denmark,” kata Murray.

Baca juga: Francisco, Kapal Ferry Wisata dengan Kecepatan 51,8 Knot!

“Kami baru saja mengirimkan ferry berkecepatan tinggi terbesar yang pernah dibuat di Filipina dan sebenarnya, ferry berkecepatan tinggi terbesar yang dibangun oleh galangan kapal Austal mana pun, di mana pun di dunia. Dan segera, kami akan melakukannya lagi, saat kami menyelesaikan Express 5 untuk Molslinjen. Kami memang pembuat rekor dan pemecah rekor galangan kapal,” tambahnya.

Leave a Reply