Kapal Ferry Cepat Milik Operator Cina Punya Bodi Ramping, Cepat dan Hemat Bahan Bakar

0
Xin Hai Yun dan Xin Hai Jun menampilkan bentuk lambung Incat Crowther, yang memiliki desain busur mundur yang mengoptimalkan efisiensi lambung (rivieramm.com)

Perusahaan Ferry Cepat Zhuhai China telah menerima pengiriman sepasang katamaran (kapal dua lunas) yang merupakan ferry dengan bodi ramping, cepat dan hemat bahan bakar. Ferry tersebut akan beroperasi di Pearl River Delta yang dirancang oleh Incat Crowther Australia dan dibangun oleh galangan kapal China AFAI Southern Shipyard.

Baca juga: Doberman Rottweiler Cross Hilang dalam Perjalanan di Kapal Ferry Spirit of Tasmania

Xin Hai Yun dan Xin Hai Jun dikirim pada bulan Desember 2020. Incat Crowther menjelaskan bahwa, tawaran pemenang AFAI Southern Shipyard untuk proyek tersebut didukung oleh kemampuan kemitraan untuk mengirimkan kapal berkecepatan tinggi, konsumsi bahan bakar rendah yang menawarkan perubahan langkah pada penumpang pengalaman.

Xin Hai Yun dan Xin Hai Jun masing-masing menampung 199 penumpang ekonomi di satu dek dengan penumpang VIP memiliki kabin khusus di dek atas. Dilansir KabarPenumpang.com dari rivieramm.com (5/3/2021) dek penumpang utama dilengkapi fasilitas di belakang untuk memaksimalkan kenyamanan awak dan menghadirkan “kabin terbuka dan lapang dengan visibilitas ke depan yang bersih”.

Tak hanya itu, kecepatan dan konsumsi bahan bakar rendah telah dicapai dengan berbagai cara. Desain lambung Incat Crowther telah dibuat untuk meningkatkan efisiensi energi. Perusahaan Menjelaskan, kapal menggunakan bentuk lambung terbaru Incat Crowther, yang menampilkan desain busur mundur yang unik yang mengoptimalkan efisiensi lambung dan karakteristik seakeeping, sehingga mengurangi biaya pengoperasian dan kenyamanan penumpang yang luar biasa.

Bentuk lambung yang telah terbukti ini telah diuji secara ketat dalam layanan dan terus mendukung Incat Crowther untuk menghadirkan desain terdepan di seluruh industri. Kedua kapal ini didukung oleh mesin utama Rolls-Royce MTU 12V2000 M72 kembar, Menggerakkan waterjets Rolls-Royce Kamewa S71-4.

Keputusan untuk menggunakan jet air di kapal ferry cepat terbaru Zhuhai mencerminkan tren di industri ferry cepat untuk memilih jet air daripada baling-baling. Efisiensi tinggi pompa waterjet menawarkan kecepatan yang lebih tinggi untuk daya yang sama, atau konsumsi bahan bakar yang jauh lebih rendah pada kecepatan konstan dengan daya yang lebih kecil.

Waterjets juga membuat mesin lebih mudah hidup. Pada rpm konstan, waterjets menyerap daya yang kira-kira sama terlepas dari kecepatan kapal, sehingga engine tidak dapat kelebihan beban, sehingga meningkatkan masa pakainya. Waterjets beroperasi dengan sedikit getaran dan kebisingan, meningkatkan tingkat kenyamanan penumpang.

Pada kecepatan lebih dari 20 knot, kebisingan dan getaran dapat dikurangi lebih dari 50 persen dibandingkan dengan kapal yang digerakkan baling-baling. Xin Hai Yun dan Xin Hai Jun adalah ferry kedelapan dan kesembilan yang dibangun oleh galangan kapal untuk operator ferry. Galangan kapal juga menekankan pentingnya kecepatan pesawat dan efisiensi energi.

Galangan kapal difokuskan pada pembangunan kapal paduan aluminium dan ferry cepat penumpang serta katamaran merupakan bagian besar dari bisnisnya. Kapal paduan aluminium lainnya yang dibuatnya adalah kapal ropax, kapal umum, kapal penyelamat profesional, kapal tamasya dan kapal pesiar kecil.

Baca juga: Kapal Ferry Berbahan Aluminium Berkecepatan Tinggi Buatan Filipina Tiba di Norwegia

Selain pasar domestik Tiongkok, galangan kapal juga mengirimkan kapalnya secara global. Situs webnya mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, mereka telah membangun lebih dari 40 kapal katamaran paduan aluminium, termasuk ferry ropax 85 m dan ferry cepat mulai dari ukuran 34-42 m yang mampu mengangkut hingga 448 penumpang, serta pedalaman kapal umum mewah sungai dan kapal tamasya kota. Kapal-kapal ini telah diekspor ke Singapura, Turki, UEA, Kanada, Korea Selatan, serta negara lain.

LEAVE A REPLY