“Kapten Arjun,” Robot yang Bantu Polsuska Intensifkan Penyaringan Penumpang Kereta Api

0
Robot Kapten Arjun di Pune (m.tribuneindia.com)

The Railway Protection Force – Pasukan Perlindungan Kereta Api (RPF) di Pune, India, meluncurkan sebuah robot yang diberi nama Kapten Arjun, Robot ini hadir untuk membantu para personel RPF atau di Indonesia disebut Polisi Khusus KA (Polsuska) dalam mengintensifkan penyaringan dan pengawasan penumpang.

Baca juga: Wuih, Ada Robot Desinfektan Beroperasi di Stasiun Takanawa Gateway

“Kapten Robot Arjun akan melindungi penumpang dan staf dari kemungkinan infeksi dan pengawasannya akan meningkatkan keamanan,” kata Sanjeev Mittal, manajer umum, Central Railway.

KabarPenumpang.com melansir punemirror.indiatimes.com (12/6/2020), Kapten Arjun dilengkapi dengan sensor gerak, satu kamera PTZ (pan, tilt, zoom camera) dan satu kamera dome. Kamera ini menggunakan kecerdasan buatan atau AI dan algoritme untuk melacak aktivitas yang mencurigakan dan antisosial..

Robot ini juga dilengkapi dengan sirene internal, prosesor H-264 lampu sorot yang diaktifkan dengan gerakan dan penyimpanan internal untuk merekam jika ada kegagalan jaringan. Robot yang satu ini melakukan penyaringan termal dan mencatat suhu di panel tampilan digital dengan waktu respon 0,5 detik dan jika suhu lebih tinggi dari kisaran referensi, alarm otomatis akan berbunyi tidak normal.

Kapten Arjun, mengadopsi mode komunikasi dua arah, suara dan video serta juga berbicara dalam bahasa lokal. Robot tersebut memiliki pembicara untuk menyebarkan pesan kesadaran tentang Covid-19. Kapten Arjun juga memiliki pembersih berbasis sensor dan masker dispenser yang dapat bergerak. Robot tersebut memiliki fasilitas sanitasi lantai dengan baterai cadangan. Ini memiliki roda kasar yang mendukung semua jenis permukaan.

Bohra, yang membuat konsep penggunaan robot semacam itu di stasiun kereta api, berkata, “Tingkat infeksi yang tinggi di antara berbagai segmen orang di seluruh dunia telah menghambat upaya untuk menangani Covid-19, yang mendorong kami untuk mempertimbangkan skrining robotik. Kapten Arjun dapat digunakan untuk berbagai kegunaan dan itu adalah elemen yang efektif dalam kontrol akses stasiun dan akan meningkatkan rencana keamanan stasiun.”

Baca juga: Robot Hidrogen Peroksida Vapourised Bantu Bersihkan Kereta dan Stasiun MTR Hong Kong

Keberhasilan robot berkemampuan AI ini akan memberikan perlindungan yang cukup bagi penumpang saat menjalani pemeriksaan tanpa pertemuan manual. Para pejabat mengatakan, pada saat yang sama, fitur pengawasannya diharapkan dapat mencegah kejadian yang tidak biasa dan akan memastikan keamanan di tempat kereta api.

Untuk diketahui, Shivaji Sutar CPRO, CR mengatakan, mereka juga akan memperkenalkan sistem dengan jenis yang serupa di kota Mumbai.

Leave a Reply