Kedapatan Bawa “Granat,” Penumpang Ini Tetap Bisa Mengudara. Kok Bisa?

Sumber: zeenews.india.com

Sebagai salah satu alat yang identik dengan medan perang, kehadiran granat di fasilitas publik tentu dapat memicu beragam respon orang-orang yang berada di sekelilingnya. Hampir dapat dipastikan kebanyakan orang akan kabur untuk menyelamatkan diri semisal granat tersebut meledak. Berbeda dengan pihak keamanan yang akan langsung mengambil tindakan agar situasi bisa kembali kondusif.

Baca Juga: Anda Ketinggalan Penerbangan? Jangan Keburu Panik, Ikuti Langkah Ini!

Nah, kejadian inilah yang terjadi di India dimana seorang penumpang terpaksa diamankan oleh pihak yang berwajib ketika kedapatan membawa sebuah granat di dalam kopernya. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, kejadian ini bermula ketika seorang calon penumpang maskapai GoAir rute Delhi – Ahmedabad tidak lolos proses screening karena petugas keamanan Indira Gandhi International (IGI) Airport menemukan benda berwujud granat di dalam koper si penumpang, Selasa (23/1/2018).

Alhasil, petugas bandara menggiringnya menuju pos pengamanan guna pemeriksaan lebih lanjut. Pada saat itu, pria yang identitasnya tidak disebutkan ini hampir dapat dipastikan tidak dapat mengudara menuju Ahmedabad karena benda yang dibawanya masuk ke dalam kategori berbahaya. Bukan tidak mungkin jika pria ini nekat melakukan aksi teror selama pesawat mengudara, dan mengancam keselamatan penumpang lainnya.

Setelah melewati serangkaian pemeriksaan, petugas  bandara lalu membebaskan pria ini dan mengijinkannya untuk melanjutkan perjalananannya kembali. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ternyata benda berbentuk granat yang dibawa oleh pria ini adalah sebuah power bank yang ia siapkan jika sewaktu-waktu daya gadgetnya habis.

Baca Juga: Sebuah Drone Hambat Aktifitas Bandara Indira Gandhi Hingga 40 Menit

Juru bicara GoAir pun membenarkan kejadian yang sempat membuat geger pihak keamanan bandara tersebut. “Satu penumpang yang dijadwalkan melakukan perjalanan dari Delhi ke Ahmedabad sempat tertahan di pos keamanan karena kedapatan membawa benda mencurigakan berbentuk granat. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ternyata benda tersebut merupakan sebuah power bank,” tuturnya, dikutip dari laman zeenews.india.com (25/1/2018).

Tentu, pemberitaan ini mengundang berbagai respon dari warganet. Tidak sedikit yang menertawakannya, bahkan ada juga yang mempertanyakan mengapa benda yang memiliki potensi menimbulkan kekacauan dapat dengan bebas beradar di masyarakat.