‘Kejar Target,’ Dubai Uji Coba Taksi Otonom Perdananya di Gitex Technology Week 2018

0
Sumber: thenational.ae

Setelah serangkaian rencana tentang pengadaan moda otonom yang sempat beredar beberapa waktu yang lalu, kini Dubai diketahui telah mulai menguji coba kendaraan masa depan ini. Ya, moda yang digadang-gadang menjadi pertanda kemajuan teknologi di sektor transportasi darat ini pun telah bergabung dengan kendaraan konvensional lainnya di Dubai pada Minggu (14/10/2018) kemarin – tepatnya, uji coba layanan ini dilakukan pada perhelatan Gitex Technology Week 2018.

Baca Juga: Bukan Sekedar Isapan Jempol, Dubai Mulai Uji Coba Taksi Drone

Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, moda otonom karya Roads and Transport Authority (RTA) Dubai yang menjadi salah satu daya tarik acara tersebut dijadwalkan akan diuji coba selama tiga bulan lamanya, terhitung sejak Minggu kemarin. RTA sendiri menargetkan kendaraan ini layaknya layanan rie-hailing – dimana moda otonom akan menjemput dan mengantar penumpang sesuai dengan informasi yang sudah dimasukkan terlebih dahulu sebelumnya.

“Sebut saja dari pusat perbelanjaan atau bioskop menuju rumah Anda,” tutur salah satu juru bicara dari RTA.

Adapun kendaraan yang mampu menampung empat penumpang ini dapat ‘melesat’ hingga kecepatan 32km/jam. Nantinya, di bangku depan, akan ada pengemudi tambahan yang ditugaskan untuk mengambil alih kendaraan semisal ada kejadian darurat yang harus ditangani oleh tenaga manusia – walaupun si pengemudi tambahan ini tidak mengambil peran ketika moda ini dipamerkan di Gitex Technology Week kemarin.

Dalam mengerjakan moda otonom ini, RTA mengambil dasar mobil Mercedes-Benz yang lalu ditambahkan sejumlah kamera sensor dan Light Detection and Ranging (LIDAR).

Dikutip dari laman sumber lain, Direktur Jenderal dan Ketua Dewan Direktur Eksekutif RTA, Mattar Al Tayer mengatakan bahwa kendaraan otonom ini akan beroperasi pada rute khusus di daerah Dubai Silicon Oasis.

Baca Juga: Soal Taksi Udara, Inilah Serangkaian ‘PR’ yang Kudu Diselesaikan Volocopter

Tidak muluk-muluk, Dubai menargetkan sekitar 25 persen setiap perjalanan moda transportasi di sana menjadi otonom pada tahun 2030 mendatang. Hal ini dicetuskan oleh Wakil Presiden Dubai, Seikh Mohammed bin Rashid yang pada tahun 2016 silam meluncurkan program Dubai Smart Self-Driving Vision.

Selain taksi otonom ini, Dubai juga diketahui tengah mengembangkan drone otonom sebagai pelengkap moda udara di sana.

Leave a Reply