Kerap Dilanda Kabut Asap, Ada Apa Dengan Perkeretaapian Bawah Tanah Beijing?

0
Sumber: thebeijinger.com

Suasana Beijing South Railway Station pada Jumat (25/5/2018) pagi kemarin sempat terpantau kalang kabut lantaran seluruh ruangan di stasiun tersebut ditutupi oleh asap tebal. Lebih parahnya lagi, kejadian tersebut terjadi ketika peak hours, dimana kebingungan massal melanda semua penumpang yang hendak berkereta dari Beijing South Railway Station.

Baca Juga: Uji Coba Kereta Cepat Otomatis di Cina Akan Mulai Musim Panas 2019

Berdasarkan lansiran KabarPenumpang.com dari laman thebeijinger.com (26/5/2018), dalam foto dan video yang berhasil diabadikan beberapa orang penumpang, tampak layanan kereta bawah tanah Line 4 lah yang tertutup kepulan asap. Nampak pula beberapa orang penumpang berjalan cepat guna menghindari kontak terlalu lama dengan asap yang tidak diketahui asal muasalnya tersebut.

Menurut penuturan salah satu petugas Beijing MTR Corporation (BJMTR) yang bertugas kala itu, ia melihat salah satu mesin pendingin ruangan yang sudah tidak berfungi mengeluarkan kabut asap pada pukul 09.04 waktu setempat. Mesin tersebut terletak di salah satu sudut stasiun, tepatnya di arah barat daya.

Untungnya, tak lama berselang setelah sang petugas menyadari bahwa salah satu pendingin ruangannya tersebut bermasalah, ia langsung berkoordinasi dengan tim lain sehingga semburan asap yang sempat mengganggu layanan di Beijing South Railway Station dapat segera diatasi. Kendati tidak ada data resmi mengenai insiden ini, namun terlihat penumpang tampaknya merasa sangat terganggu dengan hadirnya asap tidak diundang itu.

Baca Juga: Tangani 95,8 Juta Penumpang di 2017, Beijing Bersiap Menjadi Bandara Tersibuk di Dunia

Saking tebalnya, jarak pandang pun menjadi terbatas dan mengganggu fungsi penciuman penumpang. Terlihat dari ratusan penumpang yang menutup rapat mulut dan hidung mereka menggunakan telapak tangan, menyiasatkan mereka tak nyaman dengan kebocoran asap dari mesin pendingin ruangan itu.

Asap di Line 6, Stasiun Hujialou. Sumber: thebeijinger.com

Mundur sedikit ke bulan Februari 2018 silam, kejadian hampir serupa pun pernah menimpa jaringan kereta bawah tanah Beijing. Kala itu, Line 6 di Stasiun Hujialou yang menjadi korban dari gempuran asap tak bertuan ini. Dengan latar waktu yang hampir mirip, yaitu peak hours pagi hari, kejadian tersebut sempat membuat bingung penumpang. Untungnya, tak lama berselang ketebalan asap mulai memudar dan layanan kereta dapat kembali beroperasi dengan normal.

Leave a Reply