Friday, August 12, 2022
HomeHot NewsKereta Bagasi, Angkutan yang Selalu Dipilih Saat Jelang Lebaran

Kereta Bagasi, Angkutan yang Selalu Dipilih Saat Jelang Lebaran

Nama kereta yang didesain khusus untuk mengangkut barang yaitu kereta bagasi. Kereta bagasi saat ini lebih dominan dengan warna hijau dan jarang sekali menggunakan jendela di tiap rangkaiannya. Dilihat dari bentuk keretanya memang sama seperti kereta angkutan penumpang, yang membedakan adalah bagian interior tidak dipasangi kursi hanya dibiarkan kosong. Fungsi dibiarkan kosong ini tentu saja untuk menyimpan barang – barang yang dikirim dari satu kota ke kota lainnya. Umumnya barang – brang yang diangkut merupakan pemesanan dari pelanggan yang mengirim melalui kereta api. Maka dari itu, kereta bagasi memberikan peran penting untuk pengirman barang.

Baca juga: Taruh Barang di Bagasi Kereta, Pahami Ketentuannya!

Seperti diinformasikan bahwa kereta bagasi ini tidak memiliki jendela, hanya ada beberapa ventilasi udara dan 2 buah pintu dorong. Kadang pintu dorong tersebut dibuka sedikit agar ventilasi udara bisa masuk ke interior, karena kereta bagasi sendiri tidak memiliki alat pendingin udara (AC) hanya penerangan lampu saja yang dialiri listrik dari kereta pembangkit. Dulu rangkaian kereta bagasi memiliki variasi warna, mulai dari warna kuning, biru, abu – abu dan hijau bercorak totol totol. Namun saat ini PT KAI khususnya bagian angkutan barang hanya cukup 1 warna, yaitu hijau bertuliskan CARGO.

Perjalanan kereta bagasi pun jika keberangkatan dari Stasiun Jakarta Gudang ada dua rute, yaitu rute utara dan selatan. Untuk rute utara keberangkatan dari Jakarta lebih dominan pada malam hari melewati Stasiun Cirebon Prujakan, Semarang Poncol, Cepu hingga Surabaya Pasar Turi. Sedangkan untuk jalur selatan, kereta bagasi ini melintasi Stasiun Cirebon Prujakan, Purwokerto, Lempuyangan, Madiun, Surabaya Gubeng bahkan hingga ke Malang. Namun ada juga angkutan kereta bagas ini keberangkatan dari Stasiun Bandung dengan tujuan Surabaya.

Baca juga: Bandara Zurich Swiss Punya AirPortr, Solusi Bagasi Pintar Bebas Tenteng Tas/Koper

Angkutan menggunakan kereta bagasi akhir – akhir ini masih terus dilakukan karena permintaan pelanggn setia pengiriman barang menggunakan kereta api pun cukup antusias. Tak hanya kiriman melalui perjalanan ekspres, ada pula kereta bagasi yang menggunakan perjalanan secara reguler, yaitu mengikuti rangkaian kereta api sesuai dengan tujuan. Belum lagi saat jelang libur nasional bahkan hari raya keagamaan bahkan tahun baru. Biasanya kereta bagasi selalu dijalankan hingga adanya perjalanan tambahan demi prioritas pelanggan setia jasa angkutan barang. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru