Kereta Ikonik ”Katak Hijau” Dipindah ke Tempat Kelahiran Hachiko

0
Gerbong kereta "katak hijau " (kyodonews.net)

Gerbong kereta ikonik yang dijuluki “katak hijau” belum lama ini dipindahkan ke tempat kelahiran Hachiko (anjing yang terkenal setia dan diabadikan dalam sebuah patung) tepatnya di timur laut Jepang. Gerbong kereta ini dulunya berfungsi sebagai pusat informasi turis di luar Stasiun Shibuya Tokyo.

Baca juga: Mirip Hachiko, Seekor Anjing di India Menunggu di Peron Setiap Jam 11 Malam

KabarPenumpang.com melansir dari laman mainichi.jp (8/8/2020), gerbong ini akan ditempatkan di halaman “Akita Inu no Sato” yang diartikan menjadi desa anjing Akita. Gerbong tersebut nantinya digunakan sebagai tempat istirahat bagi pengunjung di fasilitas wisata yang mempromosikan anjing Akita yang populer di Stasiun JR Odate Prefektur Akita.

Kota ini merupakan tempat kelahiran anjing Akita yang terkenal setia yakni Hachiko. Hachiko sendiri mandapat perhatian nasional pada 1920-an dan 1930-an karena muncul di Stasiun Shibuya untuk menunggu almarhum pemiliknya pulang kerja setiap hari selasa sekitar sepuluh tahun.

Gerbong kereta ini merupakan gerbong kerta api Tokyu dan melayani sejak 1954 hingga 1986. Gerbong kereta ini dipindahkan Senin (3/8/2020) pukul 01.30 pagi waktu setempat dengan diangkat menggunakan crane dan dikeluarkan dari alun-alun dan tiba pada Kamis (6/8/2020).

“Merupakan kehormatan bahwa gerbong terkenal itu datang ke Odate. Kami ingin menggunakannya secara efektif sebagai sumber pariwisata,” kata Tsuyoshi Kudo, kepala bagian pariwisata kota di timur laut Jepang.

Untuk diketahui, gerbong ini merupakan bekas kereta api seri 5000 dengan panjang 11,22 meter dan berat sekitar 11 metrik ton. Dikenal dengan julukan “katak hijau” karena warnanya hijau dan ujungnya yang membulat. Gerbong kereta tersebut diserahkan ke Kantor Daerah Shibuya Tokyo pada tahun 2006 setelah pensiun.

Baca juga: Anjing Lucu Berperilaku Penumpang Bus, Bikin Gemas Sang Pengemudi

Relokasi gerbong kereta dilakukan saat alun-alun tersebut bersiap untuk menjalani renovasi sebagai bagian dari facelift besar di distrik hiburan Shibuya, yang populer di kalangan anak muda. Kemudian nantinya akan diberikan kepada pemerintah kota Odate dan mereka akan melakukan penyesuaian pada interior, eksterior dan lingkungan gerbong kereta, dan berniat untuk membukanya untuk umum mulai awal September.

Leave a Reply