Korea Selatan Berencana Luncurkan Taksi Terbang di 2025

0
Taksi terbang tak berawak di Korea Selatan (metro.co.uk)

Dalam waktu beberapa tahun mendatang, sepertinya rencana taksi terbang mulai mengudara akan terealisasi. Ini terlihat dari Kementerian Transportasi Korea Selatan yang mulai menguji layanan taksi udara tak berawak di kota Seoul.

Baca juga: Keren, Taksi Drone Otonom EHang 216 Sukses Ajak Penumpang Terbang Keliling Langit Cina

Pihak Kementerian Transportasi mengatakan, taksi ini akan diluncurkan secepatnya pada tahun 2025. KabarPenumpang.com melansir laman metro.co.uk (11/11/2020), pemerintah Korea Selatan saat ini diketahui sudah menguji enam taksi drone di pinggiran Seoul. Dan, kini mereka akan menguji layanan tersebut di daerah yang padat yakni di Seoul untuk pertama kalinya. Drone bergaya Blade Runner tersebut merupakan armada taksi udara tanpa awak yang dibuat oleh Ehang di Cina.

Taksi terbang ini memiliki berat sekitar 650 kg per satu armada. Meski menggunakan taksi terbang buatan Cina, Korea Selatan tak hanya diam saja dan tengah mengembangkan sistem manajemen lalu lintas K-drone milik mereka sendiri dengan pembiayaan dari negara.

Pasalnya dilakukannya pengembangan sistem tersebut karena Korea Selatan berencana membuka sepuluh terminal taksi tebang pada tahun 2030. Bahkan Kementerian Transportasi berharap bahwa pasar mobilitas udara perkotaan akan bernilai miliaran pound di tahun 2040.

Di mana fokusnya akan berjalan sejauh 18-30 mil bersama bus, sistem kereta bawah tanah dan bentuk transportasi umum lainnya. Tes serupa sebelumnya dilakukan di lokasi yang ditunjuk di Incheon, sebelah barat Seoul dan Yeongwol, 200 kilometer timur Seoul.

Hanwha Systems Co., industri pertahanan dan unit layanan TIK dari konglomerat kimia keuangan Hanwha Group, juga meluncurkan Butterfly. Ini adalah sebuah mockup dari kendaraan udara pribadi yang dikembangkannya dengan startup taksi udara yang berbasis di Amerika Serikat, Overair.

Perusahaan mengatakan sedang berusaha untuk membangun “hub-verti,” terminal untuk lepas landas dan pendaratan taksi udara, di Bandara Internasional Gimpo di Seoul barat bekerja sama dengan Korea Airports Corp. Menurut Hanwha Systems, Verti-hub jika dibangun, akan menjadi fasilitas pertama di dunia untuk taksi drone.

Taksi udara yang dilengkapi dengan fungsi lepas landas dan mendarat vertikal listrik (eVTOL) juga diharapkan akan tersedia di beberapa kota di Amerika Serikat dan Eropa untuk layanan komersial pada tahun 2025.

Baca juga: [Video] Taksi Drone 282 Karya Anak Bangsa Berhasil Terbang Sebelum Dipamerkan di Jerman

Pada bulan September, kementerian menguji layanan pengiriman makanan drone otonom di tengah Tren kontak setelah pandemi Covid-19 di Kota Sejong, pusat administrasi 130 km tenggara Seoul. Di Sejong, lima drone mengirimkan makanan dan produk lainnya kepada orang-orang di rumah yang berjarak dua hingga tiga kilometer di seberang danau dan di gedung-gedung bertingkat dalam waktu sepuluh menit.

Leave a Reply