Kursi Roda Otomatis di Bandara Haneda Bantu Terapkan Jarak Sosial

0
kursi roda otomatis di Bandara haneda (reuters.com)

Berbagai macam cara untuk menjaga jarak sosial dilakukan oleh semua moda transportasi baik darat, laut maupun udara. Seperti bandara yang mulai memberikan jarak sosial ketika mengantri di keamanan dan juga membuat penumpang harus datang 3-4 jam sebelum keberangkatan untuk mengurangi kepadatan.

Baca juga: Etihad Kerja Sama dengan Bandara Abu Dhabi Hadirkan Kursi Roda Otomatis

Seperti Bandara Haneda Tokyo yang menghadirkan kursi roda otomatis dan bisa membantu penumpang dengan mobilitas terbatas. Kursi roda otomatis ini sendiri hadir saat bandara di Jepang ini mengurangi tenaga kerja demi menjaga jarak sosial. Kursi roda otomatis ini berasal dari startup Whill yang berkantor pusat di Yokohama dan beroperasi di antara gerbang keamanan dan ruang boarding yang dilengkapi dengan kamera LIDAR  serta teknologi lain untuk menavigasi lingkungan sekitar pengguna.

KabarPenumpang.com melansir laman reuters.com (1/7/2020), Whill menghadirkan Rollable ini bertujuan untuk memperluas jumlah perangkat di Haneda dan bandara lainnya. Tak hanya itu, pada masa pandemi ini, memberikan dorongan untuk startup yang juga memiliki bisnis yang membantu pelanggan untuk perangkat tanpa bantuan.

“Karena Covid-19 bisnis ini akan dipercepat,” kata co-founder dan CEO Whill Satoshi Sugie.

Untuk diketahui Bandara Haneda saat ini dikosongkan karena pandemi yang membuat perjalanan udara dihentikan untuk sementara. Whill sendiri sudah menjalankan uji coba kursi roda otomatis ini di bandara tahun lalu sebelum masa pandemi.

Whill bersama dengan kelompok teknologi lainnya yakni Sony Corp dan Olympus telah menemukan pijakan di Jepang di mana regulasi ketat telah menahan pertumbuhan pilihan mobilitas baru seperti ride hailing dan skuter listrik.

“Sebagai layanan untuk pengguna dengan masalah mobilitas, kini sudah ada regulasi. Ini tidak hanya menyenangkan, itu suatu keharusan. Startup telah mengambil keuntungan dari rantai pasokan Jepang dan kumpulan insinyur terjangkau yang datang dari perusahaan besar yang secara tradisional mendominasi inovasi di sana,” kata Sugie.

Baca juga: Panasonic Uji Coba Kursi Roda Otonom di Bandara Haneda

Produksi perangkat terletak di Taiwan dan Whill telah mengumpulkan lebih dari $100 juta, dengan investor termasuk Eight Roads Ventures dari Fidelity. Lingkungan penggalangan dana di Jepang untuk startup sedang membaik, kata Sugie.

Leave a Reply