Lama Ditinggal Mudik dalam Keadaan Tangki Bensin Kosong, Kerusakan Mesin Mengancam!

Sumber: wowmenariknya.com

Musim libur sudah selesai, para pegawai kantoran sudah harus kembali ke kota perantauannya masing-masing untuk kembali meraup pundi-pundi rupiah. Bagi mereka yang pada musim mudik ini lebih memilih untuk menggunakan layanan transportasi umum, meninggalkan kendaraan di rumah atau di kantor menjadi satu pilihan yang mau tidak mau harus dijabani. Tapi tahukah Anda bahwa meninggalkan kendaraan dalam kondisi tangki bensin kosong pada kurun waktu yang cukup lama ternyata dapat merusak kendaraan Anda?

Baca Juga: Tips Ini Bisa Bantu Hilangkan Udara Panas Dalam Kabin Mobil

Ya, mungkin sebagian dari Anda akan lebih memilih untuk mengosongkan tangki bahan bakar kendaraan sebelum bepergian jauh dengan alasan supaya bahan bakarnya tidak mubazir. Tapi siapa sangka, alih-alih mengeluarkan 20 hingga 30 ribu rupiah untuk mengisi bahan bakar kendaraan sebelum ditinggal lama, Anda harus mengeluarkan nominal yang lebih besar untuk mereparasi kendaraan Anda yang rusak akibat ditinggal dalam kondisi tangki bahan kosong. Duh, sayang banget kan?

Lalu, bagaimana bisa kondisi tangki bahan bakar yang kosong dapat merusak kendaraan Anda? Berikut adalah sejumlah kerusakan kendaraan yang dapat ditimbulkan oleh kondisi seperti ini, dikutip KabarPenumpang.com dari laman hipwee.com.

Ancaman Karat Hingga Bocor
Ketika tangki bahan bakar kendaraan Anda berada dalam posisi kosong atau hanya terisi sedikit, maka bensin yang ada di dalamnya akan menguap ketika terkena panas matahari. Hasil penguapan tersebut dapat mengakibatkan tangki bahan bakar Anda menjadi karatan dan dampak lebih lanjutnya lagi, tangki bahan bakar Anda menjadi bocor (akibat karat). Hiii, nggak mau kan tangki bahan bakar kendaraan Anda jadi bocor?

Mesin Jadi Gampang Ngadat
Ketika kondisinya dingin, uap-uap yang dihasilkan oleh penguapan bensin tadi akan mengumpulkan kotoran-kotoran yang ada di dalam tangki dan akan mengendapkan kotoran tersebut. Dengan kata lain, meninggalkan kendaraan dengan kondisi tangki yang kosong berpotensi untuk mengganggu kinerja motor.

Hati-Hati Fuel Pump Anda!
Kalau ternyata Anda lebih sial dari hanya sekedar tangki bensin yang bocor, maka giliran ancaman fuel pump Anda rusaklah yang siap melubangi kocek Anda lebih dalam lagi. Fuel pump sendiri merupakan instrumen yang berfungsi untuk mendistribusikan bahan bakar ke keseluruhan kendaraan Anda. Kalau fuel pumpnya sudah rusak, waah, itu artinya Anda harus membawa kendaraan tersebut ke bengkel terdekat untuk ‘diobati’.

Baca Juga: Human Error Duduki Peringkat Teratas Penyebab Kecelakaan Kereta

Jangan salah, jika fuel pump Anda sudah bermasalah, maka ini menjadi indikasi awal untuk masalah mesin lainnya, sebut saja masalah pengapian. Kasarnya, masalah pada sistem pengapian ini menjadi risiko yang paling fatal akibat Anda membiarkan tangki bahan bakar kendaraan berada dalam keadaan kosong untuk waktu yang cukup lama.