Lapar di Kereta Api? Jangan Lupakan Nomer SMS/WhatsApp Ini

Train Attendant sat bertugas

Lapar saat perjalanan di kereta api? Solusinya tentu mudah saja, Anda bisa pesan panganan dan minuman pada pramugari kereta api atau prami, juga bisa Anda datangi gerbong restorasi, yang disanan tersedia kursi untuk santap di lokasi. Namun, jangan anggap sepele, di waktu dan musim-musim tertentu, kuliner di kereta kerap habis dipesan oleh ratusan penumpang.

Baca juga: Jadwal Perjalanan Terencana, Pesan Makanan Pun via Online

Namun, ternyata sejak 1 Agustus 2017, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan kemudahan pada penumpangnya yakni dengan SMS atau WhatsApp ke nomor 08111755121 saat ingin memesan makanan. Selain tidak perlu jalan ke gerbong restorasi, sebagai penumpang hanya tinggal duduk manis di kursi dan makanan akan dikirim pramugari atau awak kereta api lainnya.

Dikutip KabarPenumpang.com dari laman travelingyuk.com, format untuk memesan makanan ini pun tak susah yakni dengan mengirimkan Kode Booking di tiket/Menu yang dipesan/Jumlah Pesanan/Waktu penyajian dan dikirim ke nomor 08111755121. Selain SMS Anda juga bisa mengirim pesan dengan aplikasi WhatsApp.

Berikut ini contoh pemesanan makanan baik melalui SMS maupun WhatsApp : E6682B/Nasi Goreng Parahyangan/2/Jam 14.00 WIB. Cukup mudah dengan cara tersebut. Kenyamanan ini diberikan oleh PT Reska Multi Usaha, yaitu salah satu anak perusahaan KAI yang berdiri sejak tahun 2003 dan mengelola restoran kereta api dan usaha lainnya.

Layanan pesan makanan seperti ini sebenarnya sudah digunakan oleh beberapa maskapai penerbangan, dan kini bisa dinikmati pula oleh penumpang kereta api. Menu yang ditawarkan di kereta eksekutif dan bisnis cukup banyak ada Nasi Goreng Parahyangan, Zupa-Zupa, Bakso Popso, Nasi Rames dan Ayam Penyet.

Sedangkan di KA Ekonomi ada Nasi Tuna Pedas Kemangi, Nasi Daging Krengsengan Mercon, Nasi Ayam kecap, Nasi Ayam Cabe Hijau, Nasi Ayam Bakar Bumbu Rujak hingga Mie Goreng Jawa. Namun, saat ini tak hanya SMS atau WhatsApp, tetapi jika penumpang menggunakan aplikasi KAI Access.

Baca juga: Kereta Api Punya Menu Makanan Baru dan Dapur Sentralnya Ternyata Ada di Yogyakarta

Pada perjalanan menggunakan kereta milik KAI ini, Anda juga bisa memesan makanan secara online seperti memesan tiket kereta api secara online. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya masuk ke web KAI di www.tiket.kereta-api.co.id atau KAI Access, jangan lupa masukkan kode booking yang tertera pada tiket kereta api. Kemudian, Anda bisa melihat menu apa saja yang ada di list. Biasanya untuk pemesanan makanan ini minimal dua hari sebelum keberangkatan.