Larangan Dilonggarkan, Maskapai Cina Kini Izinkan Penumpang Aktifkan Smartphone di Pesawat

Penggunaan smartphone oleh penumpang sempat dilarang dalam penerbangan maskapai di Cina. Hal ini dikarenakan adanya keputusan Administrasi Sipil Cina atau Civil Administration of China (CAAC). Namun, baru-baru ini CAAC melonggarkan peraturan tersebut dan membuat beberapa maskapai besar di Negeri Tirai Bambu mulai mengizinkan penumpang kembali menggunakan smartphone mereka. Meski begitu, smartphone hanya boleh digunakan jika dalam kondisi mode pesawat.

Baca juga: Lempar Koin ke Mesin, China Southern Airlines Alami Delay 5 Jam

Beberapa maskapai besar yang sudah memperbolehkannya adalah China Eastern Airlines dan Hainan Airlines. Selain itu Air China baru memperbolehkan penumpangnya menyalakan smarphone mereka dalam pesawat pada hari Minggu kemarin.

KabarPenumpang.com melansir dari laman zdnet.com (21/1/2018), Air China sendiri menjadi maskapai  terakhir diantara empat maskapai besar di Cina yang melonggarkan peraturan dalam penerbangannya. Diketahui, sampai minggu lalu, ponsel diharuskan untuk benar-benar dalam kondisi mati saat penerbangan di setiap maskapai Cina.

Kini setelah diperbolehkannya kembali atau adanya kelonggaran peraturan tersebut, maskapai-maskapai Cina yang sudah menawarkan layanan WiFi dalam penerbangan mereka kembali memanfaatkan pasar besar tersebut. Hingga kini tiga maskapai besar yakni China Southern Airlines, Cina Eastern Airlines dan Air China melaporkan adanya kenaikan penumpang di tahun 2017 lalu.

Hingga kini ada 112 pesawat Cina yang sudah dilengkapi dengan layanan WiFi dalam penerbangannya oleh Cina Telecom yang merupakan salah satu operator telekomunikasi utama di Negeri Tirai Bambu ini. China Southern Airlines menawarkan layanan WiFi untuk penumpang di 15 pesawat Airbus A330-300.

Layanan yang diberikan China Southern secara cuma-cuma alias gratis bagi penumpang di kelas satu dan bisnis. Sedangkan kelas ekonomi, untuk mendapatkan pelayanan gratis harus mengajukannya 24 jam sebelum keberangkatan.

Tak hanya itu, China Eastern Airlines juga sudah melengkapi 74 pesawatnya dengan layanan WiFi untuk semua rute internasional jarak jauh dan 166 rute domestik. Sedangkan Hainan Airlines memberikan layanan WiFi di 17 pesawat lainnya.

Baca juga: Bermasalah di Mesin, Airbus A330 China Eastern Terpaksa Return to Base

Untuk Air China sendiri memilih solusi hiburan dan konektivitas inflight (IFEC) dari Panasonic Avionics untuk armada pesawat Airbus A350. Berdasarkan ketentuan perjanjian tersebut, Panasonic akan menyediakan hiburan eX3 untuk 10 pesawat Air China A350.

Meski begitu, sampai saat ini beberapa maskapai penerbangan Cina dikatakan mempertimbangkan untuk mengizinkan penggunaan ponsel pada penerbangan mereka.