Lawan Aturan Selama ‘PPKM’, Penumpang Kereta Cepat ini Kena Ganjaran

0
Potongan video penumpang yang makan dan minum di kereta selama pandemi

Perjalanan kereta jarak jauh memperbolehkan penumpangnya makan atau minum. Namun, di masa pandemi hal itu pun bisa dibatasi demi meminimalisir penularan virus corona pada penumpang kereta.

Baca juga: Viral Foto Penumpang Kereta London Gunakan Masker untuk Tutupi Mata

Tetapi ternyata pembatasan dan aturan baru di masa pandemi sering kali diabaikan oleh penumpang. Seperti kejadian dimana seorang penumpang harus mendapat ganjarannya dengan dibawa ke meja hijau atas perilakunya melanggar pembatasan dan aturan baru tersebut.

Contohnya seorang wanita muda akan diadili atas tuduhan pencemaran nama baik. Hal ini karena dia menolak permintaan penumpang terdekatnya agar berhenti makan hamburger dan minum di atas kereta berkecepatan tinggi serta melontarkan hinaan dengan melepas maskernya.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman ajudaily.com (8/3/2021), ternyata insiden ini di-videokan oleh penumpang dan menunjukkan perilaku tidak masuk akal penumpang tersebut melanggar aturan selama pandemi. Bahkan video tersebut telah menyebar di media sosial dan memicu kritik publik.

Atas keluhan dari penumpang yang merasa terhina karena perilaku wanita itu, pihak kepolisian kereta api Korea Selatan melakukan penyelidikan. Selain itu mereka juga memutuskan untuk mengirim kasus tersebut ke jaksa pada 4 Maret 2021. Untuk memberikan privasi pada penumpang yang ditegur, Kementerian Pertahanan, Infrastruktur dan Transportasi mengatakan, tidak mengungkap identitasnya.

“Kami akan menyelidiki secara menyeluruh sesuai dengan hukum dan prinsip-prinsip dan mengirimkannya ke kejaksaan dengan cepat,” kata seorang petugas polisi kereta api.

Baca juga: Tangkis Bosan Selama Karantina Mandiri, Pria Singapura Beli PC Gaming Rp100 Juta Lebih

Wanita berusia 20-an itu dituduh makan makanan di kereta KTX berkecepatan tinggi dari Pohang ke Seoul pada 28 Februari 2021 dan mengabaikan permintaan awak kereta untuk mengenakan maskernya dan tidak mematuhi pedoman karantina yang melarang makan makanan di kursi.