Layanan Bus Angkut Motor ini Akan Hadir di Indonesia Bulan Depan!

Sumber: youtube.com

Bagi Anda yang terpaksa melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan sepeda motor, kini Anda bisa bersenang hati karena rencananya, sebuah moda pengangkut motor dan pengemudinya akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat ini. Sebuah perusahaan yang berdiri sejak tahun 2017, PT MotoBus Trans Nusantara menyediakan layanan angkut moda yang rencananya baru tersedia di rute Bandung – Jakarta saja. Jika tidak ada halangan, moda berupa bus bertingkat ini akan mulai mengambil jatah di jalanan pada 27 Oktober 2017 mendatang.

Baca Juga: Hendak Bepergian Naik Bus? Cek Dulu Bangku Yang Dinilai Paling Aman dan Nyaman!

MotoBus, begitulah nama layanan ini sebenarnya sudah direncanakan hadir sejak tahun 2012 yang lalu, namun baru bisa direalisasikan tahun ini karena berbagai pertimbangan. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman beritagar.id (15/9/2017), direktur operasional MotoBus, Dion, merasa yakin bahwa MotoBus merupakan satu-satunya dan yang pertama di dunia dalam pengembangan konsep moda pengangkut moda dan telah memiliki hak paten.

“Dasar kami mengembangkan Motobus adalah bagaimana caranya membuat penumpang nyaman sampai di tempat tujuan bersama kendaraannya, yakni sepeda motor,” tukasnya. “Tahap awal kami hanya melayani rute Jakarta ke Bandung, namun ke depannya secara bertahap akan beroperasi dengan rute Jakarta – Cirebon, Jakarta – Semarang, seiring dengan masuknya armada baru,” tambah Dion.

Sumber: instagram

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, MotoBus memilih untuk menggunakan bus double-decker buatan Mercedes dalam pengoperasiannya. Didapat dari jejaring sosial Instagram resmi milik MotoBus, bus ini nantinya akan dilengkapi dengan kursi premium, free WiFi, dan USB Port yang dapat digunakan untuk mengisi daya gadget Anda. Untuk kapasitas motor, Dion mengatakan bus ini mampu membawa 13 unit motor dalam sekali jalan, dengan kapasitas maksimal 150 cc per motor.

Baca Juga: 10 Poin Penting Sistem Keselamatan di Bus

Hadirnya MotoBus di dunia transportasi tentu akan membantu meringankan beban para pesepeda motor yang hendak bepergian jauh, terutama yang melakukan perjalanan antar propinsi. Jika dikaitkan dengan tradisi tahunan di Indonesia, yaitu mudik, maka dapat diprediksi bahwa moda ini akan ramai dipadati oleh pemudik yang biasanya menggunakan motor untuk pulang ke kampung halaman masing-masing. Dengan begitu, secara otomatis angka kecelakaan yang terjadi selama musim mudik pun bisa dikurangi dengan hadirnya moda ini.

Untuk masalah pemesanan tiket, Anda bisa mengunjungi laman motobustiket.com dan mengisi biodata layaknya pembelian tiket online di moda transportasi lain seperti kereta atau pesawat. Anda juga akan mengisi rincian perjalanan, seperti jumlah orang yang turut dalam perjalanan tersebut, kota pemberangkatan dan tujuan, hingga waktu pemberangkatan. Setelah selesai mengisi semua data yang dibutuhkan tersebut, maka rincian harga akan keluar. Harga setiap saat bisa berubah, tergantung jam dan hari pemberangkatan. Tercatat, pemberangkatan paling pagi dimulai pada pukul 05.00 WIB.