Saturday, July 13, 2024
HomeAnalisa AngkutanLayanan Kereta Komuter di Prefektur Chiba Gunakan Teknologi Face Recogntion

Layanan Kereta Komuter di Prefektur Chiba Gunakan Teknologi Face Recogntion

Teknologi pengenalan wajah atau face recogntion sudah diterapkan oleh PT KAI, yakni pada gate boarding layanan kereta jarak jauh. Namun, face recogntion belum diijajal untuk layanana kereta komuter. Nah, salah satu kota di Jepang kini telah menggelar akses via face recogntion pada layanan kereta komuter.

Baca juga: Terapkan Face Recognition, Boarding KA Jarak Jauh Kini Cukup Pindai Wajah

Seperti dilansir The Japan Times (16/6/2024), teknologi pengenalan wajah untuk penumpang kereta api komuter di kota Sakura, Prefektur Chiba. Teknologi pengenalan wajah diperkenalkan di Jalur Yamaman Yukarigaoka. Menurut Yamaman, operator jalur tersebut, ini adalah pertama kalinya sistem manajemen boarding berbasis pengenalan wajah untuk penumpang komuter diterapkan secara praktis pada sistem transportasi umum di negara tersebut.

Setelah mendaftarkan data foto wajah dan informasi kartu kredit terlebih dahulu di situs khusus, penumpang dapat naik kereta, tanpa membeli tiket, melalui kamera yang dipasang di gerbang tiket di stasiun yang mengenali wajah mereka. Penumpang dengan tiket komuter juga dapat menggunakan sistem ini.

Bersamaan, Yamaman juga memperkenalkan sistem tersebut ke layanan busnya. Perusahaan memperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pengguna sistem pengenalan wajah karena penumpang komuter terlihat memilih sistem tersebut ketika mereka memperbarui tiket mereka.

Seorang pejabat Yamaman, yang juga menjalankan bisnis real estate, mengatakan bahwa perusahaan ingin memperkenalkan sistem tersebut kepada seluruh masyarakat. Sistem pengenalan wajah, termasuk gerbang tiket kereta api, sedang diuji di banyak wilayah di negara ini.

Osaka Metro, yang menawarkan layanan kereta bawah tanah terutama di kota Osaka, telah memperkenalkan sistem pengenalan wajah untuk karyawannya dalam tahap uji coba. Mereka berencana untuk mulai menggunakannya untuk penumpang pada akhir tahun fiskal 2024.

Tidak Melulu di Bandara, Osaka Metro Hadirkan Teknologi Face Recognition di Stasiun Bawah Tanah

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru