Lebih dari Setengah Total Kuota Uji Coba Gratis MRT Jakarta Telah Terlampaui di Hari Ke-2 Pendaftaran

Bagaimana langkah PT MRT Jakarta menghadapi antusisas masyarakat yang akan ikut uji coba publik dari 12 hingga 24 maret 2019 mendatang? Pasalnya hingga hari kedua pendaftaran yakni 6 Maret 2019, sebanyak 144.623 orang sudah mendaftarkan diri mereka di website milik MRT Jakarta yakni http://www.ayocobamrtj.com.

Baca juga: Ayo Buruan Daftar Uji Coba Gratis MRT Jakarta, Kuota Tersisa Hanya untuk 193.252 Orang!

Dari pendaftaran tersebut bisa dikatakan lebih dari setengah kuota yang ditetapkan PT MRT Jakarta sudah terpenuhi dan tersisa 140.977 orang lagi. Hal ini membuat PT MRT mengatakan, pihaknya pernah mendiskusikan bila kuota yang ditetapkan melebihi batas.

“Kami sudah pernah membahasnya kalau kelebihan kuota. Tetapi ini belum pasti akan diberlakukan seperti apa,” ujar Humas PT MRT Jakarta yang dihubungi KabarPenumpang.com, Jumat (8/3/2019).

Pihak humas mengaku, direksi PT MRT Jakarta masih terus mendiskusikan hal bila akan adanya kelebihan kuota dari yang sudah ditetapkan. Sebab hal ini masih menyangkut dengan pertimbangan keselamatan, kenyaman dan keamanan masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam uji coba tersebut.

“Ini kan uji coba dan belum ada tiket berbayar. Makanya saat mendaftar ada ketentuan yang memang ditekankan salah satunya tidak ada biaya asuransi ketika masyarakat mengikuti uji coba ini,” jelas pihak humas.

Ternyata, hingga saat ini diketahui dari pendaftaran yang sudah dilakukan masyarakat ibukota Jakarta sendiri, keberangkatan dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) masih menjadi pilihan utama. Total dari dua hari pendaftaran keberangkatan dari Bundaran HI sendiri ada 32.084 orang.

Pada hari pertama pendaftaran sudah ada 92.348 orang yang melakukan pendaftaran dalam jangka waktu pukul 10.00 pagi hingga 19.00. Pendaftaran ini sendiri dibuka 24 jam dan website tidak pernah ditutup.

Untuk diketahui, pada uji coba untuk masyarakat ini, kereta MRT Jakarta yang akan dioperasikan ada tujuh dan satu cadangan. Uji coba akan berlangsung mulai pukul 08.00-16.00 dengan total perjalanan per harinya 98.

Baca juga: Siap Layani Penumpang, PT MRT Jakarta Kerahkan 3 Shift Karyawan di Setiap Stasiun

Nantinya penumpang yang tiba di stasiun harus menunjukkan QR Code kepada petugas stasiun dan akan mendapat stiker yang disesuaikan dengan waktu kedatangan. Warna merah pukul 08.00-10.00, biru pukul 10.00-12.00, kuning pukul 12.00-14.00 dan hijau pukul 14.00-16.00.

Pihak PT MRT Jakarta berharap, melalui uji coba tersebut masyarakat bisa merasakan pengalaman awal sebelum MRT Jakarta beroperasi secara komersial dan dapat menjadi masukan bagi MRT Jakarta untuk meningkatkan kualitas layanan. Kehadiran MRT Jakarta sendiri nantinya tidak hanya akan meningkatkan mobilitas masyarakat, tetapi juga memberikan manfaat tambahan seperti perbaikan kualitas udara dan mendorong perubahan gaya hidup masyarakat ibukota dengan beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.