Libur Akhir Tahun Sudah Dekat, PT KAI Sudah Buka Pemesanan Tiket Kereta Jarak Jauh

0
penumpang menunjukkan tket barcode kereta jarak jauh (PT KAI)

Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 tak terasa sudah berada di depan mata. PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah mulai membuka untuk pemesanan tiket kereta api (KA) jarak jauh untuk periode tersebut. Sehingga masyarakat yang akan memesan tiket untuk liburan akhir tahun bisa langsung membelinya melalui KAI Access, kai.id atau agen penjualan resmi lainnya.

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, PT KAI Bagikan 10.000 Voucher Kereta untuk Guru dan Tenaga Kesehatan

VP Public Relation KAI Joni Martinus mengatakan, tiket-tiket yang dijual adalah KA Taksaka dengan relasi Gambir menuju Yogyakarta, KA Gajayana relasi Malang ke Gambir pp, KA Senja Utama Solo relasi Solo Balapan menuju Pasar Senen, KA Argo Parahyangan dari Bandung ke Gambir.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KabarPenumpang.com (@kabar.penumpang)


“KA Mutiara Selatan relasi Surabaya Gubeng menuju Bandung pp, dan lain sebagainya,“ kata Joni melalui keterangan tertulis, Senin (23/11/2020).

Joni mengatakan, dalam perjalanan menggunakan kereta, masyarakat tak perlu ragu. Karena KAI tetap mengoperasikan kereta dengan tetap menerapkan berbagai protokol kesehatan secara ketat, disiplin pada setiap waktu sejak di stasiun, di dalam kereta api dan selama perjalanan penumpang.

Dia menambahkan, untuk para penumpang yang memiliki tiket kereta api tetap harus dalam kondisi sehat tidak flu, batuk ataupun demam. Suhu tubuh pun tak melebihi 37,3 derajat Celcius serta selalu dihimbau menggunakan pakaian lengan panjang. Tak hanya itu, penumpang juga tetap harus menunjukkan surat bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku selama 14 hari sejak diterbitkan.

penumpang menunggu masuk ke peron (PT KAI)

“Konsistensi KAI dalam menerapkan kesehatan di lingkungan kereta api telah diakui. Hal ini dibuktikan dengan didapatkannya Safe Guard Label SIBV yang sudah mengacu pada parameter yang disusun oleh ahli dan auditor kantor pusat BV, international best practices, World Health Organization (WHO), regulasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan danGugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,” ujar Joni.

Untuk diketahui, sejak dibukanya kembali layanan perjalanan KA pada 27 Juli 2020 hingga 22 November kemarin, jumlah pelanggan sudah mencapai 337.851. Meski begitu KAI hingga saat ini masih mengikuti Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 14/2020 tanggal 8 Juni 2020 di mana KAI menjual tiket KA Jarak Jauh dan Lokal hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia untuk menerapkan jarak sosial.

Baca juga: Rayakan HUT Ke-75, PT KAI Berganti Logo yang Terinspirasi dari Rel Kereta

“Tidak perlu ragu untuk naik kereta api, karena KAI telahm enerapkan berbagai protokol kesehatan secara ketat dan disiplin setiap waktu,” kata Joni.

Leave a Reply