Liège-Guillemins Railway Station, Stasiun Indah nan Romantis Mahakarya Arsitek Spanyol

Liège-Guillemins Railway Station. Sumber: istimewa

Menyandang predikat sebagai stasiun utama di kota terbesar ketiga di Belgia, Liège-Guillemins Railway Station kini tidak hanya sebagai hub dari 15.000 pengguna kereta setiap harinya, melainkan stasiun yang menyandang gelar sebagai salah satu stasiun terindah di dunia. Ya, di sini Anda bisa melihat jajaran atap kaca berbentuk kubah yang luasnya mencapai 33 ribu meter persegi. Tak ayal, stasiun yang terletak di kota Liège ini menjadi tempat yang sangat instagramable!

Baca Juga: Intip Langsung Kungstradgarden, Stasiun Bawah Tanah Paling Keren di Dunia

Sebagaimana yang dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, stasiun yang dioperasikan oleh National Railway Company of Belgium ini diresmikan pada Mei 1842. Sehubungan dengan perkembangan kereta api yang sudah mulai menunjukkan geliatnya, setahun setelah diresmikan, Liège-Guillemins Railway Station berkembang menjadi salah satu stasiun yang melayani rute internasional (menghubungkan Liège ke Aachen dan Cologne).

Arsitektur
Pengembangan dan modernisasi dari stasiun ini terjadi pada tahun 1882 guna meningkatkan pengalaman penumpang. Gaya bangunan Beaux-Arts yang sempat menghiasi bangunan ini sudah tidak bisa lagi Anda lihat karena pada tahun 1958, pihak pengelola menggantinya dengan gaya international style modern. Setidaknya, gaya bangunan ini dipertahankan hingga bulan Juni 2009.

Liège-Guillemins Railway Station Era 1970-an. Sumber: Wikipedia

18 September 2009, stasiun ini rampung dibangun ulang dan kembali mengganti gaya arsitektur bangunannya – dari international style modern menjadi seperti yang bisa Anda lihat dewasa ini. Gaya bangunan ini merupakan hasil karya dari arsitek asal Spanyol, Santiago Calatrava Valls. Jadi, wajar saja apabila gaya bangunan ini diberi nama the new Calatrava design.

Baca Juga: Stasiun Fengtai, Digadang Menjadi Stasiun Terbesar Se-Asia

Infrastruktur
Setelah selesai direnovasi, stasiun ini dibuka kembali pada tanggal 18 September 2009. Hingga saat ini, Liège-Guillemins Railway Station memiliki 10 tracks dan lima platform. Tiga diantara lima platform tersebut memiliki panjang 450m dan sisanya memiliki panjang 350m. Modernisasi yang telah terjadi pada stasiun ini memungkinkan Liège-Guillemins Railway Station melayani pengoperasian kereta cepat.

Platform dan tracks dari liège-guillemins railway station. Sumber: Nomadic Notes

Adapun struktur utama dari bangunan ini terdiri dari besi, kaca, dan beton putih – wajar saja apabila perpaduan seni dan ilmu arsitektur ini semakin menambah nilai keindahan dari salah satu stasiun paling penting di Eropa ini (Liège-Guillemins Railway Station menghubungkan Jerman, Belgia, Prancis dan Inggris).