LRT Jakarta Siap Beroperasi, Inilah Kisaran Tarifnya!

LRT Jakarta (Wartakota)

Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta sebentar lagi akan mulai mengular di ibukota, namun bagaimana dengan Light Rail Transit (LRT) Jakarta? Ternyata LRT Jakarta yang sudah lebih dahulu menguji coba kereta mereka di lintasan tahun lalu dan mulai bergerak uji coba pada publik bau-baru ini.

Baca juga: LRT Jakarta Fase I Diperkirakan Beroperasi Pada Januari 2019

Humas officer LRT Jakarta Santhi Pradayini Savitiri mengatakan, pihaknya telah selesai melakukan uji coba bersama publik. Uji coba untuk publik sendiri sudah dimulai sejak 4 Maret hingga 18 Maret 2019 kemarin.

“Kita kalau uji coba kereta sendiri sudah dari tahun 2018 kemarin, kemudian untuk publik baru saja selesai dan bisa dibilang kita lebih dahulu dari MRT Jakarta untuk hal uji coba,” ujar Santhi yang ditemui KabarPenumpang.com di Busworld South East Asia, Kamis (21/3/2019).

Santhi menjelaskan, saat melakukan uji coba, LRT Jakarta bersama dengan TransJakarta untuk mengintegrasikan masyarakat. Dimana TransJakarta meluncurkan rute baru dari Pulo Gadung menuju Senen dengan bus TransJakarta 24 atau Jak 24.

“Rute ini dintegrasikan untuk masyarakat. Jadi penumpang yang naik bus TransJakarta 24 bisa turun di Boulevard Utara dan lanjut naik LRT Jakarta baik ke Pegangsaan Dua maupun ke Veledrome,” jelasnya.

Dia mengatakan pihak LRT dan Jakarta Propertindo (Jakpro) juga menginginkan secepatnya LRT Jakarta bisa beroperasi untuk masyarakat. Namun, pihak LRT Jakarta sendiri masih menunggu keputusan yang pasti dari Pemprov DKI.

“Kita harapannya bisa operasi bulan ini. Kita masih tunggu keputusan kapan di launching dan besaran tarif untuk LRT Jakarta,” tambah Santhi.

Kisaran tarif LRT Jakarta sepanjang 5,8 km dari Pegangsaan Dua, Kelapa Gading menuju Veledrome di Rawamangun adalah Rp6 ribu hingga Rp10 ribu. Sayangnya tarif ini pun sama seperti MRT Jakarta yang masih menggantung tanpa kepastian dari pihak Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Dinilai Belum Siap, LRT Jakarta Urung Beroperasi Saat Asian Games 2018

Saat ini diketahui, pengerjaan sudah selesai 100 persen baik depo, stasiun maupun hal lainnya. Santhi mengatakan untuk segi operasional LRT Jakarta sudah bisa mengular di jalur ibukota.

“Kita juga akan lakukan uji coba dengan para penyandang disabilitas dalam waktu dekat ini, agar mereka bisa menggunakan fasilitas yang tersedia juga,” tambah Santhi.