Lupa Nyalakan Airplane Mode, Penumpang Aer Lingus Kena Denda Jutaan Rupiah!

Ilustrasi Airplane Mode. Sumber: istimewa

Sebagai penumpang pesawat, satu hal yang tidak boleh dilupakan sebelum pesawat lepas landas adalah mematikan perangkat elektronik yang menancarkan sinyal, atau menghidupkan airplane mode pada ponsel. Namun karena alasan terburu-buru dan lupa, kadang beberapa penumpang kerap terlupa untuk menambahkan logo pesawat pada bagian notification bar di ponselnya. Memang, tidak ada hukuman yang berat jika Anda melupakan hal yang satu ini, namun apa jadinya jika Anda mendapatkan tagihan tambahan dari provider ponsel karena Anda lupa menghidupkan airplane mode?

Baca Juga: Ini Lho Fungsi Lain dari Airplane Mode!

Dikutip KabarPenumpang.com dari laman geek.com (4/12/2018), seorang penumpang maskapai Aer Lingus dikenakan bea sebesar US$300 atau yang setara dengan Rp4,3 juta dari provider ponselnya, AT&T setelah dirinya kedapatan lupa menghidupkan airplane mode di dalam penerbangannya menuju Amerika. Sebenarnya, ini merupakan sebuah kecelakaan dimana si penumpang lupa menghidupkan airplane mode karena ponselnya disimpan di kompartemen atas dan ia tidak menyadari hal tersebut.

Menurut laman sumber, penumpang apes ini terpaksa menanggung biaya karena ponselnya terhubung ke jaringan roaming penerbangan. Lalu, bagaimana pihak AT&T bisa melacak jaringan si penumpang yang tengah berada di dalam sebuah penerbangan?

“Melalui antena yang dipasang di pesawat yang beroperasi di luar unlimited international roaming plan,” ujar salah seorang juru bicara dari AT&T.

“Antena ini dapat tersambung secara otomatis dengan ponsel yang tidak menghidupkan airplane mode dan denda akan mulai dikenakan sepanjang perjalanan walaupun ponsel tersebut tidak dipakai oleh si pengguna” tandasnya.

Senada dengan juru bicara AT&T, seorang eksekutif di maskapai Aer Lingus juga mengutarakan hal yang hampir sama.

“Jika airplane mode penumpang mati, maka ponsel penumpang akan terhubung ke in-flight roaming network dan penumpang tersebut akan mendapatkan tagihan tambahan dari provider ponsel masing-masing,” ujarnya.

Baca Juga: Meski Tak Signifikan, Dengan Airplane Mode Waktu Pengisiaan Baterai Smartphone Jadi Lebih Cepat

Agar penumpang yang terkena bea tambahan ini tidak kebingungan dengan apa yang baru saja ia terima, biasannya pihak provider akan mengirimkan sebuah pesan yang berisikan informasi mengenai rincian dari bea tersebut – namun tidak sedikit juga provider yang tidak menginformasikan ini.

Jadi, pastikan Anda sudah mengaktifkan airplane mode sebelum mengudara ya!