Masih Bingung Peraturan Cairan Masuk Kabin? Ini Penjelasannya!

0
Sumber: express.co.uk

Bagi Anda semua yang sudah sering berkelana ke luar negeri atau dalam negeri dengan menggunakan pesawat, tentu sudah tidak asing lagi dengan pemeriksaan keamanan di bandara, bukan? Dimana peraturan yang berlaku untuk membawa benda berbentuk cairan dianggap oleh sebagian orang terlalu ribet oleh sebagian orang. Namun sesungguhnya, bagaimana aturan yang berlaku mengenai hak penumpang untuk membawa benda cair ke dalam penerbangan Anda?

Baca Juga: Agar Penerbangan Nyaman, Inilah Tips Bawa Koper ke Dalam Bagasi Kabin

Sebelum membahasnya lebih jauh, cairan yang akan dibahas di sini adalah cairan yang masuk ke dalam kabin – bukan yang ada di tas yang Anda masukkan ke dalam bagasi. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman express.co.uk, satu aturan awal yang harus Anda pahami terlebih dahulu adalah untuk tidak membawa wadah cairan yang melebihi ukuran 100ml – jika Anda melanggar, maka barang terkait akan disita oleh petugas keamanan bandara.

Ambil contoh, Anda memiliki sebuah botol parfume berukuran 150ml, dengan isi yang sudah tinggal sedikit lagi (kurang dari 100ml). Kendati isi dari parfume tersebut sudah di bawah angka 100ml, namun karena ukuran botolnya melebihi 100ml, maka mau tidak mau parfume tersebut harus Anda ikhlaskan kepada petugas bandara.

Namun, tidak semua cairan yang melebihi kapasitas 100ml ini dilarang untuk masuk ke dalam kabin. Adapun beberapa diantaranya yang boleh masuk ke dalam kabin adalah: cairan untuk keperluan medis penting, makanan atau susu bayi, hingga minuman untuk kebutuhan diet khusus.

Selain itu, Anda juga harus menempatkan wadah-wadah cairan ini di dalam plastik wrap bening dan dihimbau untuk tidak mengikatnya. Ini ditujukan untuk memudahkan proses pemeriksaan keamanan di bandara.

Baca Juga: Inilah yang Diharapkan Seorang Awak Kabin dari Penumpang!

“Staf bandara mungkin perlu membuka barang (plastik wrap bening) untuk memeriksa cairan terkait di bagian keamanan,” tulis otoritas terkait di gov.uk.

Memang, peraturan soal penempatan cairan ini tidaklah mutlak berlaku di setiap negara – ada juga negara yang masih sedikit lebih membebaskan Anda untuk membawa cairan selama tidak melebihi 100ml. Jika Anda sudah mengetahui soal ini, kini tiba saatnya bagi Anda untuk mempraktikannya guna mempercepat proses pemeriksaan keamanan di bandara!

Leave a Reply