Masih Perlukah Pilot Mengenakan Jam Tangan Khusus Saat Bertugas?

Sumber: gearpatrol.com

Kendati di setiap gadget sudah tersedia fitur jam yang sangat presisi, tampaknya jam tangan masih menjadi satu kebutuhan primer bagi sebagian orang. Dengan beragam dalih, mulai dari: lebih mudah untuk dilihat, hingga hanya untuk sekedar penunjang penampilan saja, masih banyak orang di luar sana yang enggan untuk melepaskan jam tangannya. Nah, di antara semua pekerjaan yang membutuhkan ketepatan waktu yang sangat presisi, pilot merupakan salah satu pekerjaan yang masuk ke dalam daftar tersebut.

Baca Juga: Inilah Penyebab Ketika Pilot Benar-Benar Kelelahan!

Ada banyak merek di luar sana yang membubuhkan embel-embel “jam pilot” untuk menambah nilai jual dari produk terkait. Tapi sebelum membahas perihal jam tangan pilot lebih lanjut, tahukah Anda apa nilai tambah dari jam tangan pilot sendiri? Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara jam tangan pilot dengan jam tangan konvensional di luaran sana, hanya saja jam tangan pilot dilengkapi oleh beberapa fitur tambahan, seperti altimeter, barometer, dan kompas (walaupun fitur kompas sudah dapat dengan mudah ditemukan pada jam tangan konvensional).

Salah satu jam tangan pilot yang modern. Sumber: indomiliter.com

Tapi, apakah pilot masih membutuhkan fitur-fitur pada jam tangan ini, sementara di pesawat sendiri sudah tercantum fitur serupa – bahkan lebih canggih dari yang ada di jam tangan? Jawabannya tentu saja tentatif – ada yang akan menjawab butuh, ada yang tidak, tergantung kebutuhan dan sudut pandang masing-masing pilot.

Fitur ketepatan waktu yang amat sangat dibutuhkan oleh pilot dalam menjalani tugas hariannya menjadi salah satu poin paling penting di balik hadirnya jam tangan pilot – sementara fitur-fitur lainnya hanyalah berperan sebagai fungsi pelengkap dari jam tangan pilot. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman gearpatrol.com, banyak dari jam tangan pilot dewasa ini yang diperuntukan bagi masyarakat sipil biasa – dimana ini diperuntukan bagi mereka yang ingin menunjang penampilan, bukan melulu fungsinya.

Baca Juga: Ketika Penerbangan Jarak Jauh, Apa Saja Sih Yang Dilakukan Pilot?

Jika menarik benang merah dari fungsi dan peruntukannya, tidak semua pilot memerlukan jam tangan pilot yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang sudah disebutkan di atas, melainkan fungsi utamanya saja dari layaknya kebanyakan jam, yaitu fungsi ketepatan waktu agar dapat lebih optimal dalam menjalankan tugasnya.