Masyarakat Wuhan Pilih Gunakan Sepeda Elektrik untuk Moda Transportasi

0
Sepeda elektrik Hellobike (intelligenttransport.com)

Setelah pandemi Covid-19 mereda di Wuhan, bagaimana kehidupan kota itu sekarang? Sepertinya lebih sehat dan masyarakat lebih memilih untuk terus melakukan jarak sosial. Ini terlihat dari melonjaknya pengguna sepeda elektrik sebanyak sepuluh kali lipat dibandingkan sebelum Wuhan dikarantina pada 23 Januari 2020 lalu.

Baca juga: Berjibaku Dua Bulan Lebih, Para Medis Kembali Pulang Setelah Lockdown Wuhan Dicabut

KabarPenumpang.com melansir laman intelligenttransport.com (22/4/2020), melonjaknya jumlah tersebut didapat dari data Hellobike. Hellobike sendiri merupakan layanan share sepeda di Cina yang telah meluncurkan Yungi sebagai model sepeda elektrik baru dan dilengkapi dengan sistem navigasi suara cerdas yang dirancang untuk membantu warga mempertahankan langkah-langkah jarak sosial.

Fitur ini sendiri bisa diaktifkan melalui koneksi Bluetooth dan menawarkan arah rute pengendara sambil tetap fokus di jalan. Bahkan bisa dikatakan sepeda elektrik ini menjadi moda transportasi yang populer dikalangan warga kota sat ini. Model baru ini dilengkapi dengan sistem navigasi satelit Beidou dan chipset yang dirancang untuk memberikan navigasi dan penentuan posisi yang tepat.

Sistem ini bersama dengan GPS dan WiFi bertujuan untuk memungkinkan staf menentukan dengan tepat sepeda elektrik yang rusak melalui peta digital dan secara otomatis menonaktifkan fungsi buka kunci ketika volume baterai di bawah 30 persen. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kegagalan atau terjadinya vandalisme.

“Mode perjalanan bersama, bersama dengan kemajuan teknologi dan platform online, telah membentuk kembali kebiasaan bepergian di Cina. Berbagi kendaraan roda dua mengurangi kemacetan lalu lintas dan mengurangi tekanan transportasi umum, memberi pengguna cara yang nyaman untuk pergi dari stasiun kereta bawah tanah ke kantor mereka ”, kata Li Kaizhu, salah satu pendiri dan Presiden Hellobike.

Kaizhu mengatakan, bisnis share sepeda elektrik ini masih menghadapi masalah perawatan sepeda dan parkir terbatas. Menurutnya salah satu tantangan adalah pertukaran baterai sepeda elektrik yang efisien.

Baca juga: Wujudkan SmartCityBike, Slovakia Hadirkan Sepeda Elektrik di Kereta Bawah Tanah

“Dalam menghadapi tantangan industri, kami berusaha untuk meningkatkan teknologi untuk sepeda elektrik, menawarkan model-model baru, baterai yang lebih baik dan fitur yang lebih cerdas untuk masa depan mobilitas bersama. Di Hellobike, kami terus menyelaraskan misi kami untuk memberi manfaat bagi kota kami dan memberi masyarakat kami akses ke transportasi yang efisien dan ramah lingkungan,” jelas Kizhu.

Saat ini, sekitar satu miliar warga Cina melakukan perjalanan dengan kendaraan roda dua setiap hari, 700 juta di antaranya dilakukan dengan sepeda elektrik.

Leave a Reply