Mau Menikmati Sensasi Kereta Asli Orient Express? Langsung Ke Singapur Yuk

0
Orient Express (channelnewsasia.com)

Kereta asli Orient Express akhirnya mendarat di Singapura dan mulai ikut dalam pameran Once Upon A Time On The Orient Express yang dibuka pada 12 Desember 2020 kemarin. Pameran ini akan berlangsung hingga 13 Juni 2021 di West Lawn Gardens By The Bay. Pameran ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menelusuri kembali perjalanan luar biasa dari lokomotif legendaris tersebut.

Baca juga: Desember 2020, Kereta Mewah Orient Express Tampil di Singapura

Pameran ini menampilkan kereta asli di mana akan ada dua gerbong kereta tahun 1920-an, serta mesin lokomotif asli, yang dibangun di Prancis 158 tahun lalu. Dua gerbong ini bahkan dengan susah payah dikembalikan ke kejayaan sebelumnya termasuk mobil fourgon yakni gerobak yang digunakan untuk membawa bagasi atau kargo dan satu dari hanya tiga yang tersisa di dunia saat ini.

Makanan yang disediakan pada pameran Orient Express (channelnewsasia.com)

Kemudian ada mobil Pullman yang dibangun pada tahun 1920 dengan interior yang membanggakan marquetry lemon burr bertatahkan motif bunga timah. KabarPenumpang.com merangkum channelnewsasia.com (11/12/2020), Orient Express terkenal dengan dekorasinya yang mewah, dan pengunjung akan melihat penguasaan keahlian dari dekat dimulai dari langit-langit kulit yang timbul di Cordoba dan relief kristal Lalique permadani Gobelins hingga tirai beludru dari Genoa, peralatan perak, taplak meja yang berharga, dan kristal kacamata bagus.

Ada pula yang dipamerkan yakni koleksi lebih dari 300 artefak dari zaman dulu seperti dokumen, seragam, furnitur yang telah dipugar dan jendela kaca patri. Bahkan ada juga poster, menu, barang pecah belah, peralatan makan dan batang monogram Louis Vuitton antik yang digunakan pada tahun 1900-an hingga 1920-an.

Selain segmen interaktif melalui berita dan klip film yang berfokus pada sejarah Orient Express dan bagaimana menghubungkan rute terkenal dari Eropa ke belahan dunia kita, akan ada pengalaman ruang pelarian yang menyenangkan yang dijadwalkan dibuka tahun depan, di mana Anda bisa bermain sebagai detektif Belgia terkenal Hercule Poirot dan memecahkan misteri ala novel Christie.

Ada juga restoran pop-up rimbun yang menyajikan masakan mewah dari Chef Yannick Alleno berbintang tiga Michelin di atas replika gerbong makan Anatolia yang secara resmi akan dibuka untuk pengalaman bersantap lengkap seperti makan siang, brunch, dan makan malam tepat sebelum Natal. Sementara itu, restoran pertama akan dibuka dengan sesi minum teh (S$78 ++ per orang), menawarkan kue-kue Paris yang sangat lezat yang meliputi The True Saint-Honore, Caviar Lime Madeleine, Coffee Flavored Religuses Pastry, Golden Profiteroles di samping sandwich tanpa kerak dari Comte Cheese dan Savora Sauce serta scone tradisional Inggris.

Pameran ini pertama kali diadakan di Paris pada tahun 2014 dan Singapura secara khusus dipilih sebagai tujuan pop-up pertama kereta di luar Prancis. Kemudian hal ini menjadi pengaturan yang rumit yakni pada 3 November, gerbong kereta dan lokomotif berlayar dari Paris (pertama kali meninggalkan Prancis) dan tiba di Singapura kurang dari sebulan kemudian pada 1 Desember, di mana hal itu dilakukan dengan hati-hati dan diangkut ke Taman West Lawn.

Menurut kurator acara Claude Mollard, lokomotif asli dan dua gerbong harus ditempatkan dalam infrastruktur yang dibuat khusus untuk melindungi karya seni dan pajangan, mengingat iklim yang panas dan lembab di Singapura. Secara total, keseluruhan proyek termasuk keterlibatan Singapore Tourism Board (STB) memakan waktu enam bulan dari awal hingga selesai.

“Badan Pariwisata Singapura senang bahwa Singapura akan menjadi tujuan pertama yang memamerkan Orient Express di luar Prancis. Peluncuran atraksi pop-up ini selama waktu-waktu ini merupakan bukti daya tarik global Singapura dan juga mencerminkan kepercayaan pada kami sebagai tujuan yang aman dan tepercaya,” kata kepala eksekutif STB Keith Tan.

Interior Orient Express (channelnewsasia.com)

Guillaume de Saint Lager, wakil presiden dan direktur eksekutif Orient Express setuju, ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk melihat pameran ini mengadakan tur dunia, dengan Singapura sebagai perhentian pertama. Dia mengatakan, Gardens By The Bay adalah karya luar biasa untuk Orient Express, dan menggemakan dimensi eksotis merek tersebut.

“Kami berharap, di masa-masa rumit ini, dapat membawa orang Singapura menjelajahi mitos Orient Express. Sebuah pelarian sejati untuk indra,” ujar Lager.

Baca juga: 4 Oktober 1883, Orient Express Pertama Kali Layani Rute Perancis ke Istanbul

Warga Singapura yang memenuhi syarat akan dapat membeli tiket untuk atraksi pop-up ini menggunakan voucher SingapoRediscover melalui paket bundel yang berbeda dari S$438 ++ dengan Fairmont Singapura yang mencakup menginap semalam dengan sarapan, tiket ke pameran Once Upon A Time On The Orient Express, pengalaman bersantap di gerbong sekaligus kenang-kenangan. Untuk reservasi kamar, bisa melalui reservasi.singapore@fairmont.com.

LEAVE A REPLY