Mercedes-Benz “Car-to-X,” Teknologi Keselamatan Berkendara Berbasis Connected Car

0
Sumber: indiatimes.com

Manufaktur otomotif asal Jerman, Mercedes-Benz kabarnya akan menguji sistem komunikasi Car-to-X di jalanan yang tertutup oleh salju. Tidak lain, hadirnya teknologi mutakhir seperti ini akan meningkatkan teknologi connected car di masa yang akan datang. Sebagai informasi awal, teknologi Car-to-X merupakan teknologi komunikasi antar kendaraan dan infrastruktur transportasi yang menggunakan sensor onboard seperti radar, kamera, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mercedes-Benz Urbanetic, Solusi Berkendara Multifungsi dari Masa Depan

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman indiatimes.com (12/10), pihak Mercedes-Benz sendiri telah berkutat dalam pemutakhiran teknologi Car-to-X ini selama lebih dari satu dekade – dan kini pihak perusahaan siap untuk menguji coba apa yang telah mereka perjuangkan pada musim dingin mendatang. Adapun rencananya penguji-cobaan teknologi Car-to-X ini akan bertempat di distrik Zollernalb, Baden-Württemberg, Jerman.

Guna melancarkan uji coba, nantinya salah satu mobil Mercedes-Benz akan disematkan dengan teknologi Car-to-X, dan pengemudinya sudah terlebih dahulu mengaktifkan aplikasi Live Traffic Service, dimana aplikasi ini akan memberikan data-data yang diperlukan selama uji coba. Nantinya, sensor di atas kendaraan akan mengenali kondisi jalan yang licin dan mengirim informasi termasuk data GPS (Global Positioning System) ke Daimler Vehicle Backend secara real-time, menggunakan jaringan radio seluler.

“Lalu informasi tersebut nantinya juga akan ditampilkan pada peta digital di dua depot pemeliharaan jalan distrik Zollernalb secara real-time,” ujar pihak Mercedes-Benz.

“Pada fase lanjutan nanti, kendaraan layanan publik seperti mobil polisi juga akan menjadi ‘kelinci percobaan’ dalam uji coba ini,” sambungnya.

Seperti yang sudah diinformasikan oleh pihak produsen mobil, bahwasanya proyek percontohan ini akan dimulai ada Januari 2020 dan akan terus berlanjut hingga akhir musim dingin.

Baca Juga: Mercedes Benz Pamerkan Desain Moda Futuristik yang Mampu Angkut Penumpang dan Kargo

“Dengan fungsi Car-to-X, kita dapat meningkatkan keselamatan dalam berbagai situasi mengemudi,” ujar Michael Hafner, Head of Driving Technologies and Automated Driving di Daimler AG.

“Ini berkat integrasi mulus dari sistem Car-to-X ke dalam sistem mobil penumpang Mercedes-Benz yang dapat secara otomatis mendeteksi bahaya yang berbeda seperti jalan yang licin,” tandasnya.

Leave a Reply