Mesin Dihantam Bird Strike, Airbus A321 Ural Airlines Hard Landing di Ladang Jagung

Foto: Istimewa

Bertabrakan dengan burung alias bird strike adalah momok yang menakutkan bagi setiap pesawat saat proses lepas landas dan mendarat. Bila kejadian burung masuk ke air intake mesin jet, maka bisa berakibat sangat fatal. Seperti hari ini ada kabar dari Ural Airlines Penerbangan U6178, disebutkan pesawat yang diketahui dari jenis Airbus A321 ini mengalami bird strike sesaat setelah lepas landas dari Bandara Zhukovsky, Moskow, dimana pesawat sejatinya akan terbang menuju Simferopol di Krimea.

Baca juga: Dihantam Bird Strike, Hidung Airbus A380 Singapore Airlines Berlumuran Darah

Mengutip sumber dari flightglobal.com (15/8), disebutkan pesawat mendapat serangan dari kawanan burung yang mengarah ke bagian mesin. Atas kejadian tersebut, pilot memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat di sebuah ladang jagung. Lantaran melakukan pendaratan darurat, pesawat dikabarkan mengalami kerusakan serius akibat hard landing di ladang jagung di distrik Ramenskoye.

Ada 226 penumpang dan tujuh awak ketika pesawat jatuh dengan sedikitnya 23 orang terluka. Informasi penerbangan resmi dari Bandara Zhukovsky menyatakan bahwa penerbangan U6178 berangkat ke Simferopol pada pukul 06:05 waktu setempat. Data meteorologi dari Zhukovsky menunjukkan bahwa kondisi cuaca baik.

Komite Penerbangan Rusia belum memberikan rincian lebih lanjut tentang kecelakaan ini, timm investigasi diwartakan telah dibentuk untuk menyelidiki lebih lanjut tentang kecelakaan ini.

FlightGlobal.com mengidentifikasi pesawat yang mengalami nahas ini dengan kode VQ-BOZ. Cirium’s Fleets Analyzer menyebutkan Airbus A321 Ural Airlines menggunakan mesin CFM56. Status pesawat ini adalah disewa dari perusahaan leasing Aviation Capital Group. Sebelum ini, pesawat yang sama pernah mengalami insiden pada 2013, yaitu ada kerusakan pada sayap akibat menghantam antena di tarmak pada Bandara Kazan.

Baca juga: Terdampak Bird Strike, Cathay Pacific Terpaksa Return to Base

Bird strike pada pesawat dapat berakibat pada struktur badan pesawat maupun pada mesin pesawat itu sendiri, khususnya pada bagian mesin jet pesawat. Bila burung terkena mesin pesawat, mesin akan kehilangan daya dorong dan burung akan terbawa ke intake udara mesin. Hal tersebut akan berakibat fatal dan memungkinkan terjadinya kecelakaan fatal akibat mesin mati dan terbakar.