Metode Penyimpanan Beda-Beda di Kereta, Yakin Sepeda Bisa Keangkut?

0

Mengendarai sepeda menjadi salah satu hal yang menyenangkan apalagi bisa membantu mengurangi polusi udara. Tapi bagaimana jika moda transportasi lain tak mendukung untuk membawa sepeda kemanapun Anda pergi?

Baca juga: Berkiblat ke Eropa dan Jepang, Ridwan Kamil Usulkan Pembuatan Gerbong Khusus Sepeda

Seperti seorang pekerja yang tinggal di pinggiran Oxford tetapi bekerja di tengah kota dan menggunakan sepeda untuk berangkat kerja. Pekerja tersebut juga ternyata membawa sepedanya ketika berliburan dan acara perkumpulan sepeda tetapi harus menggunakan transportasi lain untuk membantunya pergi.

Salah satunya ketika menggunakan kereta api, sepeda bisa saja disimpan di gerbong barang untuk memudahkan pelancong yang hendak bepergian. Tetapi ternyata kini setiap perusahaan kereta memiliki aturan berbeda ketika bepergian dengan kereta api.

Tak hanya itu metode penyimpanan sepeda dalam gerbong kereta pun juga berbeda-beda. Dilansir dari oxfordtimes.co.uk (8/10/2019) oleh KabarPenumpang.com, ada beberapa kereta api yang memiliki satu sisi gerbong untuk penyimpanan sepeda atau bagasi atas kursi penumpang.

Ini memang lebih mudah diakses tetapi membutuhkan banyak ruang di kereta. Pada kereta berkecepatan tinggi, sepeda yang dibawa penumpang atau pelancong disimpan secara vertikal di bilik sempit.

Anda bisa mendapatkan ruang untuk sepeda jika gerbong itu belum penuh koper dan tas. Ada beberapa kereta yang meletakkan tanda gerbong sepeda untuk memudahkan penumpang, tetapi bila tidak ada, mau tak mau Anda harus bertanya kepada petugas agar membantu menemukan gerbong khusus itu.

Bahkan ada sebuah kejadian di mana penumpang yang naik kereta untuk kembali ke Oxford dari Gloucester harus terjebak selama sepuluh menit agar satu sepeda bisa dikait untuk mengganjal sepeda kedua disebelah dalamnya. Ini membuat jalur tidak ramah aksesibilitas.

Selain itu kehadiran sepeda elektronik membawa berita baik tentang peningkatan mobilitas dan kemandirian terutama bagi orang tua. Tetapi kereta ini bisa masuk ke kereta berkecepatan tinggi jika Anda bisa mengangkatnya di atas kepada.

Selain itu jika sepeda gunung dengan setang lebar hal ini tidak ada kesempatan. Tak hanya itu, adapun skenario mimpi buruk yang bisa dirasakan pengguna kereta dengan sepedanya adalah ketika sudah memesan ruang sepeda tetapi sudah penuh.

Yang paling menyakitkan lagi jika ada pembatalan perjalanan kereta dan penumpang digantikan perjalanannya dengan sebuah bus. Di mana bus tidak mengizinkan sepeda untuk dibawa masuk.

Mereka harus menjadi mitra perjalanan aktif rendah karbon dalam masyarakat yang menghadapi krisis lingkungan dan kesehatan dalam waktu dekat. Ada pasar yang besar dan terus berkembang di kalangan pengendara sepeda santai, penglaju dan pelancong yang suka berpetualang tetapi diabaikan oleh perusahaan kereta api di Inggris.

Baca juga: “Right Bike,” Bantu Temukan Sepeda yang Tepat Bagi Pengendara

Tanda membaik, dengan papan platform yang menunjukkan di mana ruang sepeda akan berada di kereta berikutnya. Pekerjaan kelompok kampanye seperti Cyclox, suara bersepeda di Oxford, melobi jaringan siklus yang aman dan terhubung akan membuka inklusivitas dan aksesibilitas perjalanan jarak jauh yang ramah lingkungan.

Leave a Reply