Mewahnya Airbus A380, Sampai Punya Dua Lift untuk Manjakan Penumpang

0
Toilet privat di pesawat A380 milik Emirates. Sumber: The Point Guy

Maskapai di seluruh dunia pada umumnya memiliki kecenderungan atau ciri khas masing-masing. Hal itulah yang kemudian dijual dan menjadi senjata andalan mereka dalam menggaet pelanggan. Bahkan, bukan sekedar menggaet pelanggan, melainkan membuat mereka tidak berpindah ke lain hati. Hal itu bisa saja selama keinginan atau konsep interior pesawat didukung oleh pabrikan pesawat.

Baca juga: Lebih Elegan dan Nyaman, Qantas Rombak Interior Airbus A380 Besar-Besaran

Lazimnya, dalam mendesain pesawat, maskapai mengikuti luas dari pesawat itu sendiri. Semakin kecil pesawat, maka ruang kreasi maskapai menjadi lebih sempit. Sebaliknya, semakin besar pesawat, maka ruang kreasi maskapai untuk memanjakan pelanggannya menjadi lebih besar. Seperti pada pesawat Airbus A380, yang notabene saat ini menyandang status sebagai pesawat komersial terbesar di dunia.

Seperti dikutip KabarPenumpang.com dari laman simpleflying.com, Selasa, (26/2), sebagai pesawat terbear di dunia yang mampu menampung maksimal 830 penumpang dalam sekali angkut, Airbus A380 bukan hanya sekedar besar melainkan juga memiliki fasilitas ‘wah’ di dalamnya. Tak hanya canggih di ruang navigasinya, melainkan terdapat banyak fitur di dalam kabinnya yang luas.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KabarPenumpang.com (@kabar.penumpang) pada

Berbeda dengan pesawat berbadan kecil (narrow body) yang biasa dimiliki maskapai dalam negeri, Airbus A380 memiliki layout kursi yang lebih lebar dan besar dengan interior yang berbeda pula. Interior yang ada juga berbeda-beda di setiap kelasnya, bergantung pada maskapai masing-masing. Selain itu, karena A380 memiliki dua lantai, pesawat superjumbo, dengan mesin Rolls Royce dengan 4 turbin jet dengan kapasitas bahan bakar 320 ribu liter tersebut juga menyediakan fasilitas lift atau elevator. Luar biasa bukan?

Tak hanya itu, berbagai fasilitas mewah lainnya juga dijamin bakal memanjakan pelanggan, seperti Lavish Bar yang sangat mewah layaknya hotel, double bed (first class), ada pula revamped suit yang menyediakan satu buah ranjang, sofa dengan sandaran tangan dan kaki yang dijahit oleh pengrajin Italia serta fasilitas TV berukuran 23 inch.

Baca juga: Emirates Operasikan A380 dengan Rute Terpendek di Dunia, Jaraknya Setara Jakarta – Pangandaran!

Pada kelas first class disediakan pula fasilitas private suite dan shower room. Berbeda dengan lavatory pada pesawat komersil biasa, di sini penumpang bisa menggunakan shower dan berbagai macam fasilitas toilet dengan ukuran yang luas.

Satu kelas di bawahnya yakni kelas bisnis pun tak kalah mewahnya dengan first class. Tersedia recycling seat yang bisa direbahkan hingga menjadi kasur untuk ditiduri para penumpang. Fasilitas ini dikhususkan bagi traveler kelas menengah yang menginginkan pengalaman terbang yang menyenangkan. Jadi, bagaimana, berminat untuk mencoba terbang menggunakan pesawat superjumbo terbesar di dunia?