Mirip di Bandara, Dua Stasiun Kereta di India Dilengkapi Sensor Thermal Canggih

0
Kamera yang mampu membaca suhu tubuh penumpang di India (thehansindia.com)

Lockdown di India telah dibuka, dan sebagai antisipasi munculnya second wave serangan wabah Covid-19,  berbagai teknologi untuk dipersiapkan untuk  mencegah perluasan penyebaran virus tersebut. Seperti yang dilakukan South Central Railway (SCR) yang memasang kamera penyaring gambar thermal (panas suhu tubuh) di Stasiun Secunderabad dan Stasiun Hyderabad.

Baca juga: Canggih! Italia Jadi yang Pertama Gunakan Helm Thermal Scanning di Bandara

Kamera-kamera dengan penyaringan gambar thermal sejatinya sudah biasa diterapkan di bandara, namun masih jarang diterapkan di stasiun kereta api. Solusi kamera thermal ini terdiri dari perekam audio jaringan, monitor LED dan mekanisme alarm. Kehadiran teknologi ini membantu pekerjaan petugas yang mana tak lagi perlu memeriksa suhu tubuh masing-masing penumpang.

Stasiun India pindai suhu tubuh penumpang dengan kamera (thehansindia.com)

Sebab perangkat ini mampu menyaring panas atau suhu tubuh dari masing-masing penumpang. Bahkan secara simultan, sensor panas ini bisa mengecek suhu tubuh 30 penumpang dalam coverage pemindaian. Sehingga ketika penumpang mulai masuk ke daerah yang terjangkau kamera atau sekitar enam meter dari pintu masuk, kamera ini akan mulai mengecek suhu tubuh para penumpang.

KabarPenumpang.com melansir laman thehansindia.com (8/6/2020), kemudian hasil akan ditampilkan di layar monitor LED sebagai fokus gambar nyata bersama dengan 30 gambar termal penumpang lainnya yang berada dalam jangkauan. Suhu tubuh penumpang yang ditampilkan di monitor akan diikuti dengan pesan teks serta bunyi alarm peringatan bila suhu tubuh melebihi batas yang ditentukan.

Bahkan kamera yang dipasang di kedua stasiun ini mampu memindai dan merekam suhu penumpang yang berdiri di dua jalur berbeda secara bersamaan. Data yang didapat juga akan disimpan jika memang diperlukan. Diketahui saat ini satu kamera termal dipasang di gerbang Stasiun Secunderabad no.3 pada platform no.1 dekat area pemesanan umum dan kamera lainnya di pintu utama Stasiun Hyderabad.

Baca juga: Metro Beijing Hadirkan Kamera yang Mampu Identifikasi Penumpang Tanpa Masker

SCR juga rencananya akan menginstal dua kamera lain di Stasiun Secunderabad dalam minggu ini. Pemutaran penumpang dan pengoperasian peralatan penyaringan gambar termal peluru di pintu masuk stasiun sedang dilakukan oleh sayap keamanan dan kesehatan perkeretaapian.

Leave a Reply