Mobil Terbang SkyDrive SD-03, Uji First Flight dengan Pilot

0
SkyDrive SD-03 (newatlas.com)

Model baru SD-03 besutan SkyDrive Inc pada 25 Agustus 2020 melakukan uji publik berawak pertama di Jepang. Dengan uji coba ini menandai langkah signifikan menuju kehadiran mobil terbang di masa depan. Di mana sebelumnya pada bulan April lalu, sudah mengudara dan disebut sebagai uji terbang multirotor.

Baca juga: Keren, Taksi Drone Otonom EHang 216 Sukses Ajak Penumpang Terbang Keliling Langit Cina

Uji coba ini sendiri dilakukan di lapangan uji Toyota seluas sepuluh ribu meter persegi dan menjadi salah satu yang terbesar di Jepang. KabarPenumpang.com melansir dari laman newatlas.com (28/8/2020), mobil terbang SD-03 mulai lepas landas dan mengitari lapangan selama empat menit sebelum mendarat di tempat yang sama.

Pilot yang melakukan uji coba penerbangan berawak pertama SD-03 adalh Toshiro Ando dan berhasil. Mobil terbang SD-03 sendiri baru dirancang untk menjadi model Vertical Take-Off and Landing (eVTOL) listrik terkecil di dunia.

Sebab mobil terbang berawak ini memiliki tinggi dua meter, panjang empat meter dan lebar empat meter. Karena dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal, mobil terbang ini tidak membutuhkan landasan pacu. Mobil terbang ini memiliki fitur eksterior sporty dengan warna putih mutiara, dengan lampu putih berbentuk huruf H yang funky di bagian depan dan lampu merah berbentuk huruf T di bagian belakang.

SkyDrive SD-03, ini didukung oleh delapan motor dan memiliki dua baling-baling di setiap sudut. Motor ini berfungsi untuk memastikan keselamatan dalam situasi darurat dan memenuhi potensi masalah regulasi karena mobil memiliki tujuh motor lain agar berfungsi terus jika salah satu motornya rusak.

Pada saat uji coba diketahui, Toshiro sebagai pilot berada di ruang kontrol. Meski begitu sistem komputer tetap menjaga stabilitas dan keselamatan dalam penerbangan. Tidak ada detail lain yang tersedia pada tahap uji coba ini.

Baca juga: Terlalu Sesumbar, Peluncuran Taksi Udara eVTOL Skai Bertenaga Hidrogen Akhirnya Molor

Untuk diketahui, SkyDrive saat ini bermaksud untuk memperluas cakupan pengujian dalam membuktikan teknologi di berbagai kondisi. Ini dilakukan juga dengan maksud untuk mendapatkan pesetujuan penerbangan di luar uji lapangan tepatnya di luar lapangan uji Toyota pada akhir tahun ini.

Leave a Reply