Mudahkan Lansia, Rumah Sakit di Cina Hadirkan Layar Pintar Pemanggil Taksi

0
Seorang lansia gunakan layar pintar pemanggil taksi di RS Renji (shine.cn)

Orangtua masa kini mungkin fasih dalam menggunakan perangkat elektronik mode baru. Namun bagaimana dengan orangtua yang lanjut usia dan sering dibantu dalam menggunakan perangkat elektronik? Apalagi bagi para lansia yang pergi ke rumah sakit sendiri tanpa diantar keluarga.

Baca juga: Anda Lupa Jaga Jarak, Cincin Pintar ini Bisa Ingatkan Penggunanya

Hal ini mungkin akan membuat keluarga kebingungan dan khawatir bagaimana mereka kembali ke rumah dan memesan taksi. Namun sepertinya masalah itu tak lagi perlu dikhawatirkan. Sebab di sebuah rumah sakit di Cina menghadirkan perangkat pemanggil taksi pintar bagi para lansia.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman sumber shine.cn (7/6/2021), pasien lansia di Rumah Sakit Renji di distrik Huangpu, Cina dimudahkan untuk memanggil taksi hanya dengan menekan tombol atau memindai wajah mereka di layar pintar. Rumah sakit ini memasang perangkat pemanggilan mobil pintar itu di divisi baratnya pada 30 Juni 2021 kemarin.

Kehadiran perangkat ini salah satunya untuk membantu pasien lansia yang kesulitan menggunakan aplikasi dari ponsel pintar mereka untuk memanggil taksi. Sebab saat ini para pengemudi taksi menerima permintaan tumpangan melalui aplikasi seluler. Sejauh ini, layar pintar pemanggilan taksi di RS Renji sudah membantu sekitar 30 pasien lansia.

Perangkat ini diketahui berbagi platform aplikasi pemanggil taksi “Shencheng Travel”. Di mana aplikasi tersebut diluncurkan oleh otoritas transportasi dan perumahan kota bersama dengan SAIC Motor tahun lalu.

Perangkat pintar telah dipasang di seluruh kota di pintu masuk lingkungan, tempat umum dengan arus besar orang dan rumah sakit. Seorang wanita bermarga Lin yang mengunjungi Renji setiap bulan adalah orang pertama yang menggunakan perangkat pintar rumah sakit, dan mengatakan itu sangat nyaman.

Baca juga: Aplikasi Rideshare dan Taksi Kanada Persiapkan Diri untuk Cegah Covid-19

“Saya selalu meminta putri saya untuk memanggilkan taksi untuk saya setiap kali saya menemui dokter. Terkadang dia lupa ketika dia sedang sibuk bekerja. Sekarang saya dapat menggunakan ‘layanan pemindaian wajah’ ini untuk memanggil mobil bahkan tanpa memasukkan alamatnya,” kata Lin.