Layanan Bus di Selandia Baru Mudahkan Pelajar dan Warga Tanpa Kendaraan Pribadi

0
Layanan bus Matamata ke Hamilton

Terisolasi karena tidak memiliki kendaraan pribadi membuat semua aktivitas cukup terganggu. Karena hal ini, Dewan Regional Waikato dan Dewan Distrik Matamata-Piako di Selandia Baru meluncurkan layanan bus baru.

Baca juga: Teknologi Ultra Broadband Sambangi Halte Bus di Selandia Baru

Layanan ini akan mulai beroperasi pada 12 Juli mendatang dan akan mengantarkan penumpang ke Matamata, Morrinsville dan Hamilton. KabarPenumpang.com melansir stuff.co.nz (28/6/2021), bus tersebut nantinya beroperasi tiga kali sehari dari Senin hingga Jumat.

Layanan yang berangkat dari Matamata menuju ke Hamilton pukul 7.10, 11.10, dan 15.10, serta kembali dari Hamilton pada pukul 09.00, 13.00, dan 17.40. Rute bus akan melintasi halte Waharoa, Morrinsville dan Hillcrest Warehouse di Hamilton.

Rute ini memungkinkan bagi masyarakat untuk pergi secara mandiri ke toko, janji medis, perpustakaan atau mengunjungi kerabat tanpa harus bergantung pada orang lain untuk tumpangan. Walikota Matamata-Piako Ash Tanner mengatakan, hadirnya layanan bus ini sangat bermanfaat bagi mereka yang tidak memiliki izin atau transportasi.

“Begitu banyak orang yang terisolasi, hanya karena tidak dapat bepergian, jadi saya sangat senang dewan kami dapat bekerja dengan Dewan Regional Waikato untuk menghadirkan layanan yang terjangkau ini di seluruh distrik,” ujar Tanner.

Bahkan Tanner mengatakan, layanan bus ini bisa menjadi keuntungan khusus bagi siswa dan pemuda untuk mengakses studi lainnya dan mendapatkan pekerjaan. Selain itu, layanan bus ini memiliki rute yang populer.

Tarif layanan bus dari Matamata ke kota adalah $5 untuk Bee Card, $3 dari Matamata ke Morrinsville, dan pemegang kartu SuperGold akan menerima perjalanan bus gratis antara jam 09.00 pagi dan 15.00 sore pada hari kerja. Untuk anak-anak di bawah lima tahun akan bepergian gratis.

Bagi pengguna bus reguler, tarif akan dibatasi saat menggunakan Kartu Bee sebesar $27 untuk dewasa dan $22,50 untuk remaja di bawah 18 tahun setiap minggu untuk perjalanan antara Matamata dan Morrinsville. Sedangkan antara Matamata dan Hamilton akan dibatasi pada $45 untuk dewasa dan $37,50 untuk remaja 18 ke bawah.

Uniknya adalah, bila sudah mencapai batas maksimum pembayaran dengan Kartu Bee, penumpang akan mendapatkan semua perjalanan tanpa bayar alias gratis. Di Matamata, bus akan melakukan perjalanan melalui Hetana St, Broadway Smith St, Station Rd, Firth, Meura, jalan-jalan Tainui, Burwood Rd, Rawhiti Ave dan kemudian melalui Waharoa dan Morrinsville dan dalam perjalanan ke Hamilton.

Baca juga: Duh! Remaja ini ‘Ditinggalkan’ Bus Ketika Tengah Transit

Bus akan menggunakan State Highway 26 ke Hamilton dan melakukan perjalanan melalui Hillcrest dan Hamilton East dalam perjalanan ke pusat kota, berakhir di Hamilton Transport Centre. Setiap bus memiliki ruang untuk dua sepeda di rak sepeda depan, wi-fi gratis, dan titik pengisian USB di pesawat.