Mudahkan Pelancong, Kotak Camper Modular Bisa Jadi Basecamp Indoor dan Outdoor

0
Kotak camper modular mengubah van menjadi base camp indoor atau outdoor (newatlas.com)

Sering berpetualang menikmati keindahan alam, banyak yang memilih menggunakan campervan. Pasalnya kendaraan jenis ini memudahkan untuk menikmati pemandangan dan tidur di bawah langit tanpa harus menyewa hotel. Nah untuk itu kehadiran kit camper in a box bisa menjadi salah satu solusi yang baik bagi para pelancong.

Baca juga: Habiskan Rp10 Juta, Pria Asal Malaysia Ubah Daihatsu Hijet S85 Jadi Campervan

Belum lama ini sebuah kit camper in box dengan desain yang simpel hadir untuk memudahkan para pengguna campervan. Bisa dikatakan elemen umum ini dimiliki oleh banyak orang dan biasanya merupakan kotak horizontal atau sekumpulan kotak yang membentang selebar pintu belakang kendaraan. Tatanan kotak lebar ini berfungsi sebagai bagian paling belakang dari platform tempat tidur sekaligus menampung komponen dapur belakang.

Dilansir KabarPenumpang.com dari newatlas.com (24/3/2021), ini adalah tata letak alami yang menyediakan tiga bagian utama dari mini-camper yakni pengaturan tempat tidur, ruang memasak dan penyimpanan. Sebagai ganti kotak lebar, Girovaga Box menggunakan kotak dengan orientasi persegi untuk membentuk kira-kira setengah platform tidur.

Setiap kotak cocok dengan pelat dasar di lantai beban kendaraan dan serangkaian balok digabungkan untuk membentuk kerangka penyangga panel di bagian depan platform tempat tidur ganda. Pengguna juga dapat membuat kemping solo dengan memasang tempat tidur tunggal di satu sisi kendaraan, membiarkan sisi lainnya gratis untuk sepeda, papan selancar, ski atau perlengkapan olahraga lainnya.

Kemudian beberapa bantal digabungkan untuk membuat kasur. Empat kotak di bagian belakang konfigurasi Girovaga tidak memiliki kemampuan geser keluar, lipat-down atau flip-up untuk mengubah area pintu belakang menjadi dapur kemah. Sebaliknya, masing-masing dipindahkan ke dapur dan ruang makan di luar van.

Kotak yang menahan tumpukan wastafel di atas kotak penyimpanan air, memungkinkan selang dan pompa kaki manual untuk menghubungkan tabung air bersih ke keran dan wastafel ke tabung air limbah. Kompor tabung gas portabel muncul dari kotak lain dan dipasang di atas meja yang menggantung dari kotak wastafel.

Kotak kompor kosong itu kemudian menjadi bangku, diatapi salah satu bantal selebar kasur. Kotak terakhir kosong dalam konfigurasi standar dan menjadi bangku kedua. Salah satu panel yang mengisi ruang di platform tidur memiliki kaki yang dapat disesuaikan di alasnya dan diamankan ke blok wastafel untuk berfungsi sebagai meja makan.

Hanya perlu beberapa menit untuk pergi dari tempat tidur ke dapur atau sebaliknya dan beberapa menit lagi untuk menghapus kotak Girovaga sepenuhnya. Sistem tidak memasang hard-mount ke kendaraan, melainkan diamankan melalui tali pengikat selama transit. Setelah dilepas, keempat kotak dapat ditumpuk satu sama lain untuk menghemat ruang lantai selama penyimpanan.

Girovaga Box saat ini mengadakan kampanye Kickstarter untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan agar camper-in-a-box-nya mulai beroperasi. Mobil ini menawarkan dua ukuran Rodos 61 kg untuk van kompak seperti Fiat Doblo, Nissan NV200 dan Volkswagen Caddy dan Valem 69 kg untuk van ukuran sedang dan ukuran penuh seperti Fiat Talento atau Ducato, Mercedes V-Class atau Sprinter dan Volkswagen Transporter atau Crafter.

Baca juga: SAIC Maxus Life Home V90 Villa Edition, Sensasi Campervan Dua Tingkat

Kit Rodos Deluxe dengan kasur empuk penuh tersedia dengan harga €2.452 (sekitar US$2900), Valem Deluxe seharga €2.574 ($3.050). Girovaga Box juga menawarkan Smart kit dengan kasur tiup masing-masing seharga €1.818 dan €1.988 ($2.150 dan $2.350).

LEAVE A REPLY