Mudahkan Penumpang Transit, Jepang Perkenalkan Tiket Seluler di Enam Kota

0
Ilustrasi kendaraan transit di Jepang dengan layanan seluler

Jepang baru saja memperkenalkan tiket seluler untuk layanan transit guna membantu meningkatkan akses keselamatan pengendara di angkutan umum. Layanan ini diluncurkan di enam kota yakni Oita, Sapporo, Asahikawa, Kumamoto, Oshima dan Tsuchiura tersedia melalui aplikasi Japan Transit Planner dan Norikae Annai.

Baca juga: GoTransit, Fitur Integrasi Multimoda di Aplikasi GoJek

Spesialis layanan perencanaan perjalanan Jorudan dan platform tiket transit Masabi melaporkan penyebaran enam kota tersebut adalah perluasan terbesar dari kemitraan mobilitas sebagai layanan mereka. Ini menjadikan jumlah total penyebaran menjadi 17 secara nasional.

Di Oita, penumpang dapat membeli tiket satu hari Canbus untuk Oita Bus, perusahaan bus terbesar di Oita, yang melayani rute di seluruh kota. Di Sapporo, tiket One-day dan Dosanko tersedia untuk trem Sapporo, jaringan trem kota yang lengkap.

Penumpang dengan layanan bus Asahikawa Denkikidou dapat membeli tiket satu dan dua hari untuk seluruh kota. Biro Transportasi Kota Kumamoto akan menawarkan tiket satu hari di seluruh jaringan mereka. Bus Oshima akan menawarkan tiket satu dan dua hari melalui aplikasi.

“Hingga saat ini, pekerjaan kami dengan Masabi telah memberikan pembayaran transit dan pengalaman berkendara yang lebih cepat, mudah dan aman di 17 kota besar dan kota besar di seluruh Jepang, baik bagi mereka yang menggunakan layanan ini setiap hari maupun untuk pengunjung,” kata Toshikazu Sato, CEO Jorudan yang dikutip KabarPenumpang.com dari smartcitiesworld.net (30/3/2021).

“Sekarang, lebih dari sebelumnya, pekerjaan yang kami lakukan memungkinkan orang merencanakan perjalanan mereka, membeli tiket transportasi, dan menavigasi area lokal dengan aman sangatlah penting. Kami akan terus meluncurkan penerapan lebih lanjut secara nasional dan sangat senang dapat menghadirkan fungsi ini kepada penumpang di seluruh Jepang,” tambahnya.

Menurut Masabi dan Jorudan, penerapan terbaru melihat kemitraan mereka berkembang di daerah perkotaan dengan kepadatan lebih tinggi di seluruh Jepang, menawarkan layanan transit di ibu kota prefektur dengan volume penumpang yang meningkat.

Jorudan telah mengintegrasikan SDK tiket seluler Justride ke dalam aplikasi MaaS-nya, yang berarti setelah operator mendaftar ke layanan, tiket dapat dengan cepat dan mudah tersedia di aplikasi Perencana Transit Jepang dan Norikae Annai milik Jorudan.

Baca juga: Medan Kini Punya Transmetro Deli, Gratiskan Tiket Penumpang Hingga Akhir 2020

Dalam 12 bulan terakhir, terdapat tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi operator transportasi di seluruh dunia, karyawan dan pelanggan mereka, karena protokol Covid dan persyaratan jarak sosial telah menghantam para pengendara, sambil terus berupaya untuk memberikan layanan penting bagi pekerja kunci.

 

 

 

Leave a Reply