Mulai 1 Juli 2019, Sistem Aplikasi KAI Access Diambil Alih PT KAI

0

Siapa yang tak kenal aplikasi KAI Access? Aplikasi milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) ini sudah dilengkapi berbagai fitur. Bahkan untuk membatalkan dan mengganti jadwal keberangkatan penumpang yang menggunakan KAI Access tak lagi direpotkan mengantre di Stasiun.

Baca juga: Prambanan Ekspres, KRD Pertama yang Gunakan Aplikasi KAI Access untuk Pembelian Tiket

Ternyata aplikasi ini sebelum sistemnya kembali ke KAI pada 1 Juli 2019 mendatang, dipegang oleh pihak ketiga. Pengambil alihan sistem aplikasi oleh KAI diharapkan pelayanan pengguna jasa kereta api akan semakin cepat dan mudah.

“Sebelumnya sistem aplikasi dipegang oleh pihak ketiga,” ujar Vice President PT KAI Daop VII Madiun Wisnu Pramudyo yang dikutip dari madiuntoday.id, Kamis (27/6/2019).

Bahkan nantinya setelah sistem aplikasi KAI Access diambil alih, PT KAI akan menambah kapasitas server yang ada. Sehingga layanan melalui aplikasi KAI Access kedepannya tidak akan mengalami kendala lagi.

Wisnu mengatakan, kendala terjadi ketika waktu-waktu tertentu saat ramai pemesanan tiket kereta api jelang Lebaran atau libur Natal dan Tahun Baru. Meski begitu, pengambil alihan ini juga ada konsekuensinya.

Seperti nantinya mulai 1 Juli mendatang pemesanan tiket tak lagi bisa dilayani H-90 tetapi H-30 sebelum keberangkatan. Sehingga bila membeli per 1 Juli hanya bisa untuk per 1 Agustus mendatang.

Tak hanya itu, saat ini selama proses ambil alih ada perbaikan dan belum bisa digunakan untuk pemesanan tiket. Info ini juga bisa didapatkan pengguna ketika membuka aplikasi KAI Access melalui ponsel pintar.

Atas kendala ini Wisnu memohon maaf kepada para penggunaa jasa kereta api. Namun dia mengatakan peralihan ini memang perlu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga kedepan bisa menikmati fasilitas KAI secara maksimal.

Baca juga: Punya KAI Access? Ini Cara Mudah Tukar Jadwal Keberangkatan Kereta

Setelah dikonfirmasi ke Vice President Public Relation PT KAI Edy Kuswoyo ketika dihubungi KabarPenumpang.com terkait masalah ini belum memberi penjelasan secara lebih lanjut.

“Ini dapat kabar darimana,” katanya, Jumat (28/6/2019).

Leave a Reply