Punya KAI Access? Ini Cara Mudah Tukar Jadwal Keberangkatan Kereta

Sebagai pengguna setia kereta api, Anda mungkin telah memiliki aplikasi KAI Access yang bisa digunakan di smartphone OS Android atau iOS. Aplikasi ini awalnya hanya bisa memesan tiket dan makanan saja. Namun, baru-baru ini, pengguna KAI Access juga bisa membatalkan atau mengubah jadwal tujuan.

Baca juga: Daop 3 Cirebon: Mulai Oktober 2018, Pembatalan Tiket Dapat Dilakukan via Aplikasi KAI Access

Bagaimana sih langkah-langkahnya untuk mengubah jadwal melalui KAI Access tanpa harus ribet antre di loket? KabarPenumpang.com mengutip dari Instagram resmi milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) @kai121_, ini dia cara melakukan perubahan jadwal kereta api melalui aplikasi.

Cara pengubahan jadwal tiket kereta api (@Kai121_)

1. Pilih menu My Trips
Buka KAI Access kemudian pilih menu My Trips, nanti akan ada pilih kode booking yang akan di ubah. Tak hanya tiket yang dibeli melalui KAI Access, tetapi dengan channel eksternal juga bisa melakukan perubahan tiket melalui aplikasi dengan syarat nomor identitas dalam tiket sesuai dengan nomor identitas akun KAI Access yang telah terdaftar.

2. Ubah jadwal
Pada menu E-ticket klik tombol Ubah Jadwal, pilihan ini dapat dipilih jika koede booking berstatus Lunas/Paid dan maksimal 24 jam sebelum waktu keberangkatan kereta.

3. Pilih nama penumpang
Pilih nama penumpang yang akan melakukan perubahan jadwal kereta. Baca halaman Syarat dan Ketentuan, kemudian centang untuk setuju, kemudian melanjutkan proses ubah jadwal.

5. Cari tiket
Pilih stasiun asal, stasiun tujuan dan tanggal keberangkatan kereta, kemudian klik tombol Cari Tiket. Pilih jadwal kereta baru sesuai dengan jam keberangkatan yang kamu inginkan. Kemudian masuk ke lama konfirmasi, pastikan jadwal kereta baru yang ditampilkan telah sesuai dengan yang kamu pilih pada tahap sebelumnya.

Baca juga: Tak Ada Info Jumlah Kursi di KAI Access, Warganet Berkicau di Twitter. Ini Tanggapan PT KAI

6. Lanjutkan
Baca halaman Syarat dan Ketentuan, kemudian centang untuk setuju. Pada halaman konfirmasi pembayaran akan menampilkan harga yang harus dibayarkan dari jadwal kereta baru yang telah kamu pilih.

7. Pembayaran
Lanjutkan ke menu pembayaran. Pilih metode pembayaran. Di sini akan terlihat harga total tiket baru yang kamu pesan.

8. Bayar
Lanjutkan proses Bayar. Jika berhasil Anda akan melihat tulisan Selamat Pemesanan Berhasil.