Mulai 7 November 2017, AirAsia Pindah Ke Terminal 4 Bandara Changi

AirAsia

AirAsia akan memindahkan seluruh operasinya di Bandara Changi Singapura, yang saat ini berada di Terminal 1 ke Terminal 4 pada 7 November mendatang. Nantinya semua penerbangan dan pelayanannya baik kedatangan maupun keberangkatan di Terminal 4 tidak akan terjadi perubahan jadwal penerbangan dengan adanya kepindahan ini.

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan, AirAsia Gaet Inmarsat Untuk Pengadaan On Board Broadband

KabarPenumpang.com merangkum dari siaran pers (19/10/2017), dengan adanya perpindahan, para penumpang maskapai berbiaya murah ini harus sampai di bandara kurang lebih tiga jam sebelum jadwal keberangkatan. Hal ini agar para penumpang memiliki waktu yang cukup untuk proses melalui terminal baru.

CEO AirAsia Logan Velaitham megatakan bahwa langkah ini sejalan dengan visi pengangkutan untuk menjadi maskapai penerbangan digital.

“Tahun ini fokus di Singapura adalah menerapkan layanan Fast and Seamless Travel (FAST). Kami berkolaborasi dengan Changi Airport Group untuk mengotomatisasti dan berinovasi pada pengalaman check in,” ujar Velaitham.

Di Terminal 4, AirAsia akan menyediakan 19 meja check in, 14 mesin drop kargo, dua loket cek dokumen dan dua loket pembayaran di Line 4 serta layanan check in untuk kelompok (grup) berada di jalur 5. Untuk diketahui, bagi pengguna AirAsia, yang bepergian menggunakan MRT dapat berjalan ke arah area kedatangan Terminal 2 dan akan ada bus antar jemput 24 jam yang disediakan gratis serta beroperasi setiap sepuluh menit sekali untuk tiba ke Terminal 4.

Terminal 4 ini merupakan terminal yang akan dibuka pada 31 Oktober 2017. Memiliki dua lantai, Terminal 4 merupakan terminal terkecil di bandara Changi yang ukuran besarnya setengah dari Terminal 3. Kapasitas penampungannya hingga 16 juta penumpang per tahun dan jika ditotal dengan keseluruhan penumpang yang bisa dihadirkan di bandara Changi menjadi 82 juta penumpang per tahunnya.

Baca juga: Staf Bandara Changi Resmi Gunakan Kacamata Augmented Reality

Nantinya pada hari dibuka, Cathay Pasific dan Korean Air akan menjadi yang pertama beralih pada Terminal 4. Dimana keberangkatan dan kedatangan pertama merupakan penerbangan dari dan ke Hong Kong yang dioperasikan oleh Cathay Pasific.

Selain itu Cebu Pasific, Spring Airlines dan Vietnam Airlines akan menyusul bersaman AirAsia pada 2 dan 7 November 2017 mendatang ke Terminal 4. Terminal 4 bandara Changi ini sejak selesai pembangunannya pada Desember 2016 lalu, telah melakukan 100 percobaan dengan melibatkan 2500 staff dan 1500 relawan.