Mulai Agustus 2019, MetroTrans Gantikan “Bikun” di Kampus UI Depok

Metrotrans

Mulai Agustus 2019 mendatang, bus TransJakarta akan mulai melayani kawasan Universitas Indonesia (UI). Hal ini setelah adanya nota kesepahaman yang telah disepakati oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan UI.

Baca juga: “Bikun,” Bus Kampus Yang Kadung Jadi Legend

Direktur Utama PT TransJakarta Agung Wicaksono mengatakan, layanan bus TransJakarta rute Lebak Bulus ke UI dan Manggarai menuju UI akan diperpanjang hingga ke dalam kompleks Kampus UI Depok.

“Layanan TransJakarta di area UI gratis bagi setiap orang,” kata Agung.

Bus yang digunakan adalah MetroTrans milik TransJakarta dengan kapasitas 68 orang baik duduk maupun berdiri. Agung menambahkan, pihaknya akan terus mengevaluasi operasional TransJakarta untuk pelayanan yang lebih optimal.

Pihaknya pun merencanakan menambah rute TransJakarta dalam melayani aktivitas di UI. Adapun rute baru tersebut yakni Kampung Rambutan-UI via Lenteng Agung, Kampung Rambutan-UI via Bogor dan Margonda-UI.

Hal ini pun sudah disampaikan kepada Dishub DKI Jakarta untuk disetuju. Agung berharap dengan layanan baru ini semakin membantu dan memudahkan masyarakat serta menambah pelanggan TransJakarta.

Dilansir KabarPenumpang.com dari berbagai sumber, beberapa hari sebelum adanya nota kesepahaman antara TransJakarta dengan UI terjadi penghadangan bus TransJakarta rute Pasar Minggu-Tanah Abang oleh Metromini. Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan melakukan setop operasi dan metromini penghadang tersebut sudah dikandangkan.

“Kemarin kita langsung operasi dan kita dapatkan kendaraan yang bersangkutan. Kita setop operasi dari baik itu Metromini, Kopaja dan lainnya yang melakukan pelanggaran termasuk kendaraan satu ini yang kemarin melakukan penghadangan TransJakarta B7094NP,” ujarnya.

Adanya hal ini Agung mengapresiasi langkah Dishub dalam menindaklanjuti penghadangan yang diterima oleh TransJakarta. Dia berharap adanya kejadian ini memberi efek jera sehingga kejadian serupa tidak terulang.

“Tindakan ini menjadi bukti bahwa setiap pelanggaran akan mendapatkan sanksi. Ini akan menjadi pelakaran bagi semua agar ke depannya hal ini tidak terjadi lagi karena pemerintah bersikap tegas menegakkan peraturan,” ujar Agung dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/7/2019 ).

Sebelumnya, dilaporkan bahwa sebuah bus TransJakarta dengan rute Pasar Minggu-Tanah Abang dihalang sebuah metromini pada Jumat (5/7/2019 ) sekitar pukul 18.35 WIB. Pengadangan dilakukan saat proses menaik dan menurunkan penumpang di titik Komdak arah Pasar Minggu.

Baca juga: TransJakarta Punya Rute Baru Setiap Bulan, Bagaimana Integrasi dengan Mikrolet?

Sopir dan kondektur Metromini sempat mengancam pramudi dan supir bis TransJakarta. Kejadian ini sempat menganggu pelayanan saat itu.