Mulai Hari Ini, Garuda Indonesia Kembali Operasikan Pesawat Wide Body untuk Rute Jakarta-Denpasar

0
Airbus A330-900neo milik Garuda Indonesia. Sumber: LN Eka Prakasa (Indonesian Plane Spotter, Facebook.com)

Akibat pandemi Covid-19 berdampak pada penurunan tajam pada frekuensi dan kapasitas penerbangan, tak terkecuali dampak tersebut dirasakan pada rute gemuk Jakarta-Denpasar. Lantaran imbas menurunnya jumlah penumpang, maka sejak beberapa lama Garuda Indonesia hanya mengoperasikan pesawat jenis narrow body untuk melayani rute Jakarta-Denpasar-Jakarta. Namun, ada perubahan positif pada 22 Maret 2021.

Baca juga: Jadi Penumpang Business Class di Boeing 777 Garuda Indonesia, Inilah yang Anda Nikmati

Sebagai upaya untuk memberikan keyamanan lebih bagi para penumpang serta guna mengoptimalkan kapasitas isian penumpang, maskapai penerbangan Garuda Indonesia mulai Senin (22/3) mengoperasikan pesawat berbadan lebar (wide body) pada rute Jakarta–Denpasar–Jakarta.

Beberapa pesawat wide body tersebut diantaranya adalah Boeing 777-300ER yang berkapasitas 314 penumpang (triple class) dan 393 penumpang (dual class), Airbus A330-200 berkapasitas 222 penumpang, A330-300 berkapasitas 287 penumpang serta Airbus A330-900Neo dengan kapasitas 301 penumpang.

Adapun sebelumnya, rute penerbangan Jakarta-Denpasar-Jakarta sebagian besar dilayani dengan armada Boeing 737-800NG dengan kapasitas 162 penumpang pada setiap penerbangannya. Dalam pesan tertulis, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan bahwa pengoperasian pesawat berbadan lebar (wide body) pada layanan penerbangan Jakarta – Denpasar – Jakarta tersebut merupakan upaya Garuda Indonesia untuk terus memaksimalkan aksesibilitas masyarakat pada sektor penerbangan Jakarta – Denpasar – Jakarta yang merupakan salah satu rute penerbangan dengan trafik frekuensi penerbangan tertinggi di Indonesia.

Selain Itu, langkah tersebut juga merupakan bagian dari upaya strategis Perusahaan dalam memperkuat segmen pasar penerbangan Garuda Indonesia ke Bali yang merupakan salah satu pintu gerbang pariwisata nasional. “Langkah optimalisasi isian penumpang tersebut tentunya senantiasa kami selaraskan dengan komitmen penerapan physical distancing selama penerbangan yang menjadi fokus utama value layanan penerbangan Garuda Indonesia di masa adaptasi kebiasaan baru ini”, papar Irfan.

Baca juga: Inisiatif Respon Virus Corona Bersama Maskapai Lain, Dirut Garuda: Jangan-jangan Solusi Malah Memakan Salah Satu

Adapun saat ini Garuda Indonesia melayani sekitar 56 kali penerbangan untuk rute Jakarta-Denpasar pp setiap minggunya dari total 104 penerbangan yang dilayani Garuda Indonesia dari dan menuju Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar.

Leave a Reply