Muncul Bau Mirip Kaus Kaki Kotor di Kabin, Spirit Airlines Terpaksa Mendarat Darurat

Spiritt Airlines mendarat darurat gara-gara ada bau mirip kaus kaki kotor (TheTravel)

Penerbangan dengan Spirit Airlines terpaksa melakukan pendaratan darurat setelah beberapa penumpang mengeluh ada rasa terbakar di tenggorokan dan sakit di dada. Tak hanya itu, tercium juga bau mirip dengan kaus kaki kotor.

Baca juga: Mesin Meledak di Ketinggian 11.000 Meter, Southwest Airlines Mendarat Darurat di Philadelphia

KabarPenumpang.com melansir dari laman businessinsider.sg (27/7/2018), penerbangan tersebut berangkat dari Bandara LaGuardia di New York dengan tujuan ke Fort Lauderdale di Florida. Sayangnya karena bau mirip kaus kaki kotor tersebut penerbangan itu harus dialihkan ke Myrtle Beach di South Carolina pada Kamis (26/7/2018) malam.

Keputusan pendaratan darurat diambil kru pesawat Spirit Airlines dengan nomor penerbangan 779 saat bau sudah tersebar dalam kabin. Dari pendaratan darurat tersebut 220 penumpang harus diturunkan dari pesawat dan tujuh sampai sepuluh orang dilarikan kerumah sakit untuk mendapat perawatan medis dengan salah seorang penumpang wanita ditemukan tidak sadarkan diri.

Dalam penyelidikan awal, pihak berwengan menganggap bau dan rasa sakit yang dialami penumpang terkait dengan beberapa jenis bahan kimia di pesawat. Namun, sayangnya tidak ada hal yang tak wajar ditemukan dalam kabin.

“Laporan kami mengungkapkan bahwa beberapa orang penumpang di pesawat terpapar zat yang tidak diketahui. Pesawat telah dikosongkan dan kami mengisolasinya serta mencoba untuk berhubungan dengan petugas kebakaran di bandara,” ujar seorang petugas dari Myrtle Beach Fire Rescue.

Lt. Christian Sliker, dari Dinas Pemadam Kebakaran Myrtle Beach mengatakan, setelah pemantauan secara spesifik dan awak hazmat masuk kedalam pesawat tidak ada zat yang ditemukan. Selain itu pesawatnya pun bersih secara keseluruhan.

Baca juga: Seorang Pria Oleskan Tinja di Dua Toilet, United Airlines Terpaksa Mendarat Darurat

Kemudian atas insiden ini, semua penumpang dialihkan ke pesawat berbeda yang sudah disiapkan maskapai Spirit Airlines dan meninggalkan Bandara Myrtle Beach pada Jumat (27/7/2018) pukul 03.30 pagi waktu setempat dan mendarat dengan selamat di Fort Lauderdale pukul 04.45 pagi waktu setempat.

Kejadian ini juga membuat pihak maskapai terus menyelidiki penyebab bau tersebut dan hingga kini belum jelas apakah bau tersebut benar-benar dari kaus kaki kotor seorang penumpang atau bukan. Bahkan pihak Spirit juga mempertimbangkan adanya beberapa penumpang yang seenaknya melepas sepatu dan kaus kaki dalam pesawat sehingga tak heran dugaan itu patut dicurigai sebagai penyebab pendaratan darurat pesawat tersebut.