MyTrip, Aplikasi yang Beritahu Penumpang Tentang Jadwal Pembersihan dan Kondisi Bus

0
ilustrasi penumpang menggunakan aplikasi bus (bournemouthecho.co.uk)

Ingin mengetahui kepadatan bus dan kapan terakhir bus terakhir dibersihkan selama masa pandemi, kini bisa dilakukan oleh para penumpang. Sebab baru-baru ini perusahaan teknologi Bournemouth meluncurkan sebuah aplikasi bernama MyTrip.

Baca juga: National Rail (Inggris) Hadirkan Peringatan Penumpang via Aplikasi Jika Kereta dan Stasiun Penuh

Aplikasi tersebut digunakan untuk memungkinkan penumpang melihat informasi tentang bus yang akan mereka naiki termasuk bus sekolah ataupun shuttle. Dilansir Kabarpenumpang.com dari bournemouthecho.co.uk (2/7/2020), dengan aplikasi ini pengguna juga bisa membeli tiket tanpa harus mengeluarkan uang tunai dan bisa melihat langsung lokasi bus.

Bahkan para pengguna juga bisa menggunakan fitur informasi kendaraan yang disempurnakan dengan aplikasi akan memberitahukan kapan terakhir kali bus dibersihkan. Selain itu pengguna juga akan tahu apakah bus tersebut dalam keadaan sepi, sedang atau ramai penumpang untuk menjaga jarak sosial satu dengan lainnya.

Operator bus Passenger yang berbasis di Westbourne mengatakan ini menjadi salah satu cara yang terjangkau bagi operator bus kecil untuk berbagi pembaruan dan informasi perjalanan langsung. Sarah Bott, direktur pengembangan bisnis di Passenger mengatakan, kehadiran aplikasi ini membuat penumpang sangat bersemangat karena dapat membantu industri bus Inggris kembali melaju dan beroperasi karena membuat tetap aman.

Sarah mengatakan, ada ratusan operator kecil di seluruh negeri yang mungkin berjuang untuk mengkomunikasikan informasi penting tentang kapasitas bus dan kebersihan kepada pengguna mereka. Sehingga ini adalah langkah ke arah yang benar dan membawa operator ini ke platform digital sehingga membuat transportasi publik menjadi lebih merata adalah pilihan yang lebih baik untuk pelancong.

“Secara lokal kami akan sangat terbuka untuk berbicara dengan operator yang lebih kecil di daerah tersebut. Kami akan meluncurkan pada bulan Agustus dan bagi operator mana pun yang membawa siswa atau ID penumpang yang diverifikasi ini akan menjadi cara yang bagus bagi mereka untuk dapat memindahkan layanan verifikasi tersebut menjadi bebas kontak,” kata Sarah.

Pengguna akan dapat memberikan umpan balik untuk membantu menunjukkan kepada orang lain berapa banyak ruang yang tersisa di bus. Informasi ini dianalisis berdasarkan data dari mesin tiket, supir bus, dan sumber lain untuk menghasilkan bacaan yang menunjukkan kapasitas bus.

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19, Kapal Ferry di Teluk Bothnia Dilengkapi Aplikasi Khusus untuk Penumpang

Aplikasi ini akan gratis untuk diunduh oleh pelanggan. Majalah Passenger Transport menemukan tahun lalu bahwa Passenger telah menciptakan sebelas aplikasi transportasi berperingkat teratas di Inggris.

Leave a Reply