Ngeri! Kereta Cepat TGV Tujuan Barcelona Terjebak di Terowongan Selama Enam Jam!

Ilustrasi Kereta TGV. Sumber: Ouest-France

Pengap, sesak, gelap, dan terkadang bau dari asap merangsek masuk ke dalam kabin penumpang. Itulah kurang lebih gambaran ketika kereta yang Anda tumpangi melintasi sebuah terowongan. Dalam kurun waktu sekira dua hingga tiga menit, Anda akan merasakan suasana tersebut – sebenarnya ini tergantung dari panjang terowongan yang Anda lalui. Namun apa jadinya jika Anda terpaksa harus merasakan sensasi tersebut selama berjam-jam lamanya? Apakah Anda akan kuat?

Baca Juga: TGV, Masih Jadi Lambang Supremasi Kereta Cepat Eropa

Ya, inilah yang dirasakan oleh penumpang kereta yang ada di Paris, Perancis pada Selasa (4/6/2019) kemarin, dimana mereka terperangkap di dalam sebuah terowongan di luar Paris selama kurang lebih enam jam. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman thelocal.fr (5/6/2019), kereta TGV 9713 mengalami mati listrik sesaat setelah kereta tersebut bertolak dari Paris menuju Barcelona, Spanyol. Jangan tanyakan kondisi di dalam kabin kereta, karena sudah pasti sangatlah tidak nyaman – mengingat sistem kelistrikan di keseluruhan kereta mati total.

Kereta ini terperangkap di sebuah terowongan di daerah Yerres, tidak terlalu jauh dari perbatasan kota Paris. Operator kereta Perancis, SNCF mengatakan bahwa sebenarnya masalah kelistrikan ini hanya berlangsung 10 hingga 15 menit saja. Namun karena posisi kereta yang kala itu tengah berada di dalam terowongan, maka dari itu pihak SNCF berdalih bahwa kereta tidak bisa langsung melanjutkan perjalanannya.

Menanggapi kejadian yang bisa menjadi mimpi buruk bagi para penumpang ini, pihak SNCF lalu mengirimkan kereta lain dengan tujuan untuk bisa mendorong TGV 9713 tersebut – namun upayanya nihil.

Mengingat kondisinya yang sudah semakin mendesak, pihak operator kereta lalu memerintahkan penumpang untuk direlokasi menuju kereta lain yang berada di luar terowongan dengan didampingi oleh petugas SNCF, pemadam kebakaran, dan pihak kepolisian.

Menurut laporan, dua orang penumpang terpaksa dirawat oleh petugas karena kondisinya yang membutuhkan penanganan medis.

Seorang turis asal Australia yang juga berada di dalam rangkaian kereta tersebut, Heather Manton (68 tahun) mengaku kecewa atas insiden yang membuat panik seisi kabin kereta.

“Insiden tersebut sangatlah mengerikan,” papar Heather.

Baca Juga: 10 Terowongan Kereta Terpanjang di Indonesia, Ada Dimana Saja Ya?

Ya, bagaimana tidak? Anda melintasi kereta dalam hitungan menit saja perasaan sesak dan pengap sudah memenuhi seisi kabin – sebut saja ketika kereta api Argo Parahyangan melintasi Terowongan Sasaksaat. Tentu bagi Anda yang sering plesiran menuju Bandung dengan menggunakan kereta api sudah tidak asing lagi dengan keberadaan terowongan yang terletak di antara Stasiun Sasaksaat dan Stasiun Maswati ini. Pengap dan sesak bukan rasanya ketika kereta Gopar (Argo Parahyangan) melintasi terowongan ini? Nah, sekarang saatnya Anda membayangkan apabila Anda terjebak di dalam terowongan tersebut selama kurang lebih enam jam lamanya!