Ngeri! Pesawat Singapore Airlines Nyaris Tabrakan dengan UFO

0
UFO nyaris bertabrakan dengan pesawat Singapore Airlines. Foto: Tangkapan layar di YouTube Rumble Viral

Penerbangan Singapore Airlines nyaris berubah menjadi penerbangan maut. Sebab, dalam penerbangan pada tanggal 17 Januari 2021 lalu, dari rekaman kamera ponsel salah seorang penumpang, terlihat pesawat hampir bertabrakan dengan unidentified flying object (UFO). Celakanya lagi, UFO melintas tepat di area sayap, tempat dimana mesin berada. Andai kata keduanya bertabrakan, bukan tak mungkin akan terjadi kecelakaan.

Baca juga: UFO Kembali Muncul di Siang Bolong, Kali Ini Gemparkan AS

Dilansir Independent, penumpang Singapore Airlines yang tak disebutkan namanya ini awalnya hendak mendokumentasikan perjalanannya. Video yang diambil antara pukul 7.20 dan 07.50 waktu setempat ini awalnya memang menampilkan keindahan alam di daratan.

Akan tetapi, setelah pesawat yang hendak mendarat di Zurich, Swiss ini melakukan manuver miring ke kanan untuk approach landing, sebuah UFO berwarna putih kecil melintas cepat, tepat di bawah mesin pesawat.

Meskipun tak ada keterangan detail, hampir dapat dipastikan bahwa UFO yang dimaksud adalah seekor burung yang melintas, bukan UFO dalam artian pesawat tak dikenal milik alien. Sebab, pada kasus di atas, pesawat memang sudah berada tak jauh dengan daratan. Tentu saja itu masih bisa dijangkau burung.

Tabrakan dengan kawanan burung atau bird strike pada umumnya memang kerap terjadi tak lama setelah pesawat lepas landas ataupun saat ingin mendarat. Hal itu dimungkinkan karena ketinggian pesawat masih dalam jangkauan terbang burung yang pada umumnya maksimal bisa mencapai ketinggian 4.800-an meter.

Di Amerika, data dari Federal Aviation Administration (FAA) menunjukkan, sekitar 90 persen dari insiden bird strike terjadi di sekitar bandara.

Selain itu, FAA juga memperkirakan bahwa penerbangan di AS mengalami kerusakan sekitar $400 juta atau Rp 5,4 triliun setiap tahun akibat bird strike dan lebih dari 200 korban tewas sejak 1988.

Dalam catatan International Bird Strike Committee, jumlahnya lebih besar lagi, dimana sekitar $1,2 miliar setiap tahun digelontorkan maskapai untuk memperbaiki pesawat akibat bird strike.

Baca juga: Efek Bird Strike: Pesawat Setara Tabrak Objek Seberat 32 Ton! Kok Bisa?

Meskipun kuantitas tabrakan burung dengan pesawat masih sangat debatable (ada yang mengkategorikan masih tergolong tak terlalu sering terjadi dan sebaliknya), namun faktanya, antara 1990 hingga 2015 ada 160.894 insiden tabrakan dengan burung di AS. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 0,25 persen yang mengakibatkan kecelakaan.

Bird strike terjadi sudah sejak tahun 1912 dan membuat salah satu pelopor penerbangan, Cal Rodgers, tewas. Di tahun itu, pesawatnya bertabrakan dengan burung camar di Long Beach, California yang menyebabkan masalah besar pada pesawat. Pesawat Rodgers jatuh dan ia pun tenggelam dan ia pun menjadi orang pertama yang tewas akibat bird strike.

Leave a Reply