Nuro, Mobil Otonom Pengantar Pizza Hadir Akhir Tahun di Houston

Nuro, mobil pengantar pizza Domino's (Wired)

Menikmati pizza yang diantar oleh mobil otonom sebentar lagi akan terwujud di Amerika Serikat. Pasalnya raksasa pizza Domino’s baru saja bermitra dengan startup Silicon Valley untuk mulai mengirimkan pizza pesanan pelanggan mereka dengan sebuah mobil otonom.

Baca juga: California Hadirkan AutoX, Mobil Otonom Pengantar Barang Pesanan

Namun, penggunaan mobil otonom untuk mengantarkan pizza milik Domini’s ini akan dimulai pada akhir tahun ini. Armada ini nantinya akan mengirimkan pesanan pizza ke seluruh wilayah Houston dengan sebuah mobil pengiriman Nuro yang dibuat oleh Startup Silicon Valley.

“Mitra berharga dalam perjalanan kendaraan otonom kami, menambahkan Kesempatan untuk membawa pelanggan kami pilihan pengalaman pengiriman tanpa awak, dan operator kami tambahan solusi pengiriman selama kesibukan toko yang sibuk, adalah bagian penting dari pengujian kendaraan otonom kami,” ujar Kevin Vasconi dari Domino’s KabarPenumpang.com melansir dari laman bigthink.com (18/6/2019).

Cara kerja robot ini akan berlaku ketika pelanggan memesan pizza secara online. Saat mereka menentukan pizza yang dipesan. Pelanggan akan dimudahkan karena bisa melacak mobil melalui aplikasi dan saat kendaraan tiba di tujuan hanya memasukkan kode PIN khusus untuk membuka kunci kompartemen pizza.

Diketahui, Nuro dan beberapa pesaingnya Udelv dan Robomart ternyata memfokuskan secara khusus pada pengembangan mesin pengiriman produk jarak jauh seperti pizza ini. Kendaraan R1 buatan khusus mereka memiliki ukuran setengah dari mobil penumpang biasa dan tidak memiliki ruang bagi pengemudi.

Hal ini membuat mobil otonom tersebut lebih aman dan ringan dengan sedikit potensi membahayakan ketika terjadi kecelakaan. Kecepatan mobil otonom ini pun cukup rendah hanya 25 mil per jam atau 40,23 km per jamnya.

Mobil otonom ini juga merupakan teknologi geofencing yang membatasi mereka pada area terbatas di sekitar toko. Untuk saat ini, mobil-mobil tersebut masih dilacak di sekitar lingkungan dengan kendaraan yang digerakkan oleh manusia melalui monitor untuk memastikan tidak ada yang rusak.

Baca juga: Di 2020, Uber dan Volvo Siap Uji Mobil Otonom Generasi Ketiga

Startup Silicon Valley, didirikan oleh veteran Google, telah menghasilkan $940 juta pada bulan Februari dan telah mengirimkan bahan makanan untuk Kroger di sekitar Houston. Kemudian mulai bermitra dengan Domino juggernaut pizza, yang menghasilkan hampir tiga juta pizza sehari, adalah langkah logis lain untuk memperluas bisnis mobil otonom.

Tahun 2018 lalu di jalanan California, layanan mobil otonom juga hadir yakni AutoX yang akan mengantar makanan dari toko online GrubMarket. Pesanan tersebut akan berada di bagasi mobil otonom dan pelanggan hanya mengklik pesanan pada aplikasi untuk mengambilnya.