Optimus Ride, Kendaraan Self-Driving untuk Pengiriman Makanan dan Barang

0
(food-management.com)

Optimus Ride yang merupakan kendaraan self-driving yang kini digunakan untuk menyediakan pengirimanan makanan dan paket ke rumah lebih dari 500 penduduk Paradise Valles Estates (PVE). Awalnya kendaraan yang berbasis di Boston ini digunakan untuk komunitas rencana kehidupan nirlaba di PVE yang memiliki luas 76 acre atau seluas 307.506 meter persegi.

Baca juga: Kembangkan Self-Driving Pod Sejak 2016, Yamaha Motor dan Sony Siap Rilis Dalam Waktu Dekat

PVE sendiri merupakan lokasi penyebaran kendaraan self-driving ketika kemitraan tersebut dibentuk tahun lalu. Sayangnya rencana itu baru saja mendekati penyelesaian tahan pertama penyebaran untuk layanan mobilitas point-to-point dalam komunitas. Kemudian ditunda saat PVE memperkenalkan kebijakan untuk tinggal dirumah pada 18 Maret yang secara efektif menutup area umum seperti ruang makan, kafe dan kantor pos pusat sebagai pencegahan virus corona.

Dilansir KabarPenumpang.com dari food-management.com (9/7/2020), akhirnya tim makan PVE meluncurkan program pengiriman makanan untuk 500 lebih penduduk komunitas yang mana semuanya berusia 60 tahun keatas. Pengiriman makanan tersebut menggunakan armada kereta golf PVE yang kemudian dilengkapi dengan kendaraan Optimus Ride.

“Keuntungan utama adalah menyediakan pengiriman makanan yang aman kepada populasi yang rentan dengan tidak memaparkan mereka pada risiko berkumpul di ruang tertutup, tertutup dengan penduduk lain dan anggota staf,” kata CEO Optimus Ryan Chin.

Chin mengatakan, kendaraan tersebut melakukan pengiriman makan malam pertama sejak penutupan untuk mencegah virus corona. Sekali pengantaran ada 50 hingga 80 makanan yang juga menyediakan pengiriman paket dari layanan Amazon, UPS dan DHL. Optimus Ride telah mengujicoba layanan pengiriman yang melibatkan resep obat di daerah Boston selama lebih dari setahun sebelum memperkenalkan kendaraannya ke PVE pada November 2019 menyusul saran dari seorang penduduk yang telah melihat artikel tentang penyebarannya di Komunitas Pensiun Fairing Way di Boston.

Untuk diketahui, konversi ke pengiriman makanan hanya memerlukan sedikit modifikasi pada kursi kendaraan untuk mengakomodasi tempat sampah yang akan memudahkan penumpukan dan pengamanan paket. Perusahaan mengatakan sedang menjajaki platform kendaraan baru yang memungkinkan tiga mode yang berbeda yakni hanya pengiriman, hanya penumpang dan versi yang dapat disesuaikan yang dapat mengakomodasi kedua fungsi.

Optimus Ride saat ini mengoperasikan dua kendaraan di PVE yang mengantarkan makan malam Senin hingga Sabtu antara pukul 16.00 hingga 18.00 waktu setempat di mana staf dapur yang biasanya mengoperasikan layanan makan menyiapkan dan mengemas makanan, yang kemudian ditransfer ke kendaraan Optimus Ride yang diparkir di sebelah area dapur. Seorang anggota staf naik dengan makanan dan mengantarkan mereka dari kendaraan ke pintu depan setiap penduduk, membunyikan bel pintu dan kemudian berjalan pergi untuk memastikan jarak sosial yang aman sambil menunggu pickup.

Setelah selesai, kendaraan dan anggota staf pindah ke titik pengiriman berikutnya. Saat ini, PVE adalah satu-satunya komunitas rencana kehidupan di mana kendaraan Optimus Ride digunakan untuk pengiriman makanan, tetapi perusahaan tersebut meluncurkan layanan serupa di Washington, DC pada 28 Mei dengan perusahaan pengembangan real estat Brookfield Properties, The Yards, untuk melayani keluarga area yang berjuang dengan makanan ketidakamanan.

Mereka juga telah menjajaki opsi pengiriman makanan di taman industri Brooklyn Navy Yard seluas 300 hektar di New York City. Faktanya, pengiriman, bukan hanya makanan tetapi barang-barang lainnya, dipandang sebagai area pertumbuhan bagi perusahaan, yang berakar pada penelitian robotika di Institut Teknologi Massachusetts dan ekosistem robotika Boston yang dinamis.

“Kami melihat permintaan untuk logistik dari semua jenis makanan siap saji, bahan makanan, peralatan medis, obat-obatan, dan lainnya tumbuh secara signifikan. Optimus telah mempersiapkan dan siap untuk menghadapi vertikal pasar baru ini,” kata Chin.

Baca juga: Antara Fakta dan Mitos Pada Penerapan Mobil Otonom

Perusahaan mengatakan berencana untuk melanjutkan layanan pengiriman ke penduduk PVE selama diperlukan. Ketika ruang makan kampus dan area umum dapat dibuka kembali dengan aman, akses penumpang diharapkan untuk dilanjutkan, dengan tujuan akhirnya memperluas layanan ke seluruh kampus.

Leave a Reply